Sabtu, 25 Februari 2012

KPU Bengkayang Buka Pendaftaran Anggota PPK


Bengkayang. Tahun ini, masyarakat Kalimantan Barat akan kembali menyelenggarakan pesta demokrasi akbar  terkait akan berakhirnya masa kepemimpinan Gubernur, Cornelis periode 2008-2013.
Berdasarkan Surat Keputusan KPU Propinsi Kalbar Nomor : 05/KPTS/KPU-Prov-019/2012 Tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur, ditetapkan bila masa pemilihan atau pemungutan suara jatuh pada hari Kamis, 20 September mendatang.
Mengingat semakin dekatnya waktu penyelenggaraan Pemilu tersebut, KPU akan segera merekrut anggota PPK dan PPS ditiap kecamatan terhitung 24 Februari hingga 24 Maret.
Ketua KPU Bengkayang, Eddy A.,SH mengatakan, untuk mempermudah proses perekrutan tersebut, pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak pemerintah setempat.
“Kita akan minta bantuan ke pemerintah melalui Bupati Bengkayang agar pihak kecamatan dapat menempatkan satu orang pegawainya yang bertugas untuk menerima pendaftaran bagi siapa saja warga kecamatan yang ingin mendaftarkan diri sebagai anggota PPK, upaya semacam ini seperti yang kita lakukan pada Pilkada Bupati 2010 yang lalu,” kata Eddy diruang kerjanya, kamis (22/2).
Edy melanjutkan, setelah terbentuk, para anggota PPK dan PPS ini memiliki tugas untuk melakukan pemutakhiran data pemilih ditingkat Desa dan Kecamatan serta menyelenggarakan Pemilu ditingkat yang sama.
Sesuai dengan jadwal yang ada, Pembentukan PPK dan PPS ini menurut Eddy, akhir Mei mendatang pemutakhiran data pemilih oleh PPS dengan dibantu PPDP akan segera dimulai.
Saat awak Koran ini menanyakan apakah dalam Pilgub mendatang, pihaknya akan menggunakan data pemilih pada Pemilukada Bengkayang 2010 lalu untuk dilaporkan ke KPU Kalbar.
“Kita masih belum mendapatkan petunjuk dari KPU Kalbar, apakah akan menggunakan DPT Pemilukada Bengkayang 2010 atau menggunakan DP4 dari Disdukcapil Kalbar,” tegasnya, kemarin.
Ia melanjutkan, apabila dari KPU Kalbar memerintahkan untuk mendata kembali pemilih di Bui Sebalo, dirinya siap mengerahkan petugas di tingkat desa untuk mendata pemilih demi suksesnya Pilgub Kalbar mendatang. (cah)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar