Sabtu, 14 April 2012

Dinas Pertanian Sulap Lahan Tidur Jadi Kebun Sayur


Bengkayang. Pameran Komoditas Holtikultura Team Penggerak PKK tersebut difasilitasi oleh Dinas Pertanian yang akan dilaksanakan pada 7-10 Mei mendatang. B. Petrus Diaz ajak Equator mengunjungi kebun gelar teknologi pertanian bersama T-PKK pada HKG 2012 yang dipusatkan di Kabupaten Bengkayang.
Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bengkayang, B Petrus Diaz mengatakan, sebanyak sepuluh komoditas tanaman pangan holtukultura yang sudah siap panen akan mengikuti pameran kebun percontohan pada kegiatan Hari Kesatuan Gerak (PKK-HKG) tingkat Provinsi Kalimantan Barat, yang dirangkaikan seiring Hari Prestasi Kencana dan Hari Ulang Tahun (HUT) Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkayang.
“Kami hanya menfasiltasi, pengembangan komuditas ini dilakukan oleh ibu- ibu PKK untuk persiapan HKG se Kalbar nanti,” terang Diaz kepada Equator ditemui di ruang kerjanya, Rabu (11/4).
Ia melanjutkan, areal yang diperlukan untuk Sepuluh komuditas itu seluas Satu Hektar bertempat di Jalan Guna Baru, komplek perkantoran Satu Atap Kabupaten Bengkayang.
Sepuluh komuditas yang dimaksudkan Diaz, mencakup Tanaman Jagung, Terong, Cabe, Tomat, Melon, Semangka, Kacang-Panjang, Buncis, Pria (Pare-Red) serta Sawah percontohan untuk Komoditas Padi Hibrida.
“Untuk mengerjakan tanaman tersebut, kami melibatkan sejumlah pekerja lokal dengan pembimbing Tenaga Ahli dari Jaw. Sudah mempersiapkan kurang lebih dua bulan untuk penggarapan lahan hingga penanaman.,” bebernya.
Lahan ini dulunya hutan, kita sulap menjadi lahan perkebunan sayuran, karena kita ingin memanfaatkan lahan tidur dan memilih lebih dekat untuk mempermudah pengawasan.
“Sebelumnya kita sudah mohon izin kepada Bupati dan Sekda untuk menggunakan lahan yang berada dibelakang Kantor DPRD dari pada menjadi lahan tidur. Kita lihat walaupun tanahnya kuning, namun tanamannya sangat subur karena dipelihara sesuai petunjuk yang diarahkan,” ungkap Diaz.
Mantan Camat CapKala ini, akan memberikan cara-cara bercocok tanam yang baik dan benar kepada masyarakat melalui buku yang akan diterbitkan pada Pameran HKG mendatang.
Melalui buku petunjuk ini para ibu-ibu PKK dapat mempraktekkan untuk kegunaan rumah tangga sendiri hingga warga sekitarnya.
Kepala Badan Pelaksana Penyuluh dan Ketahan Pangan, Magdalena menambahkan, kebun gelar teknologi pertanian yang ada di belakang Kantor Dinas Pertanian tersebut juga diperuntukkan bagi jambore penyuluh.
“Hari ini, kami melakukan rapat bersama Bupati Bengkayang untuk memantapkan kita sebagai tuan rumah. Dengan kerjasama seluruh elemen masyarakat BUmi Sebalo dan para SKPD, meringankan ebban kita untuk menyukseskan kegiatan ini,” tandasnya. (cah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar