Senin, 30 Mei 2011

IKB Harus Peduli Masyarakat Perdalaman Bengkayang


SURYADMAN GIDOT DAN ISTRI FOTO BERSAMA DENGAN WARTAWAN DI KEDIAMANNYA
Bengkayang. Ketua DPRD Kabupaten Bengkayang, Sebastianus Darwis SE MM mengatakan, keberadaan IKB dapat meningkatkan tali silaturahmi dan kerjasama baik antara istri DPRD dengan anggota DPRD itu sendiri. Selain itu, dapat bekerjasama dengan organisasi lain yang ada di Bumi Sebalo.
Pengurus Ikatan Kelaurga Besar (IKB) DPRD Kabupaten Bengkayang priode 2009-2014 resmi dilantik oleh Ketua DPRD Kabupaten Bengkayang, Sebastianus Darwis, di ruang Paripurna DPRD Kabupate Bengkayang, Senin (30/5).
“Kerjasama itu untuk mengembangkan potensi. Pengembangan potensi itu sangat penting untuk memberdayakan masyarakat, karena pemberdayaan itu merupakan misi yang diemban,” terang Legislator PDI Perjuangan ini ditemui diruang kerjanya, Senin (30/5).
Sadar akan pentingnya IKB, Darwis berharap pada semua dukungan seluruh elemen masyarakatBumi Sebalo. Karena, IKB tidak bisa melaksanakan tugasnnya dengan baik apabila tidak mendapatkan dukungan dari pihak lain.
Sisilia Minsen, ketua IKB Provinsi Kalimantan Barat mengungkapkan, IKB Bengkayang telah melangkah lebih maju. Kemajuan itu dapat dicapai dengan memusatkan tekad, semangat dan perhatian untuk mengatasi persoalan.
“Dalam menghadapi persoalan itu kita perlu kebersamaan, karena organisasi tidak akan maju apabila kita berpegang pada prinsip masing-masing,” jelas istri Ketua DPRD Kalimantan Barat ini, kemarin.
Bupati Bengkayang, Suryadman Gidot menjelaskan, keberadaan pengurus IKB DPRD Bumi Sebalo memiliki potensi yang tidak kecil sesuai dengan bakat, pendidikan, dan pengalaman yang dimiliki. Dengan potensi yang dimiliki, saya percaya pengurus IKB yang terbentuk ini bisa terus menggali dan merealisasikan potensi-pontesi yang dimilki sesuai dengan program yang telah dirumuskan.
“IKB yang terbentuk dapat membantu masyarakat untuk menyelesaikan permasalahan yang ada. Kedepan IKB dapat menjadi wadah mengembangkan kreasi dan ide ide cemerlang. Semoga kedepannya IKB dapat mengedepan dan meningkatkan pran konstruktif dan berkonstribusi untuk memajukan perempuan di Bengkayang,” harap Gidot.
Sementara itu, Siti Rondiyah Elias Ujang, koordinator Administrasi Sekretariat IKB di dampingi Sekretaris II , Ibu Monalisa Robertus membeberkan, organisasi  ini sudah berjalan 18 bulan. IKB baru dilantik berhubung sesuatu dan lain hal yang tidak dapat ditunda.
Ia yakin setiap bulanakan  ada pertemuan dalam bentuk arisan sekalian membahas IKB kedepan. Sejak 1999 Kabupaten Bengkayang dimekarkan dari Kabupaten Sambas, baru sekarang dibentuknya IKB. Ini merupakan pertanda sudah majunya pola pikir kaum hawa untuk mendukung suaminya.
Ditambahkan Funnie Maksar Alek, Ketua Panitia Pelantikan IKB . Persiapan awal pembentukan panitia, dan koordinasi dengan Pemda, DPRD Bumi Sebalo serta IKB Kalbar gencar dilakukan untuk menyukseskan kegiatan ini.
Kegiatan lancar dan sesuai dengan yang diharapkan. Kami sebagai anggota berharap IKB dapat berjalan dan  apa yang telah diprogramkan akan tercapai. Karena saat Pileg, masyarakat yang memilih suaminya dan dapat duduk di kursi anggota dewan.
“Terutama kepada warga yang tinggal diperdalaman dan tertinggal perlu diperhatikan secara khusus.Dengan adanya tiga orang perwakilan perempuan di legislator, dapat terwujudnya program kerja IKB,” pungkasnya.
Utusan dari anggota ini ada keterwakilan perempuan tiga orang menjadi anggota legislatif. Ketiga orang tersebut ialah Sarina dari PDP, Antonia Rita dari PDI Perjuangan, dan Elisabet Bolli dari Golkar. Kepengurusan IKB akan berhenti apabila jabatan suami habis menjadi anggota DPRD. Perlu diketahui, Nonya Anita Darwis otomatis sebagai ketua terpilih, wakil ketua masing masing dijabat Nonya Ami Nesor dan Nonya Yahana Yohanes Pasti.  (cah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar