Sabtu, 04 Juni 2011

SMP/MTs 2011 Kabupaten Bengkayang Lulus 85, 51 Persen

silverius sinoor, sh
Bengkayang. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkayang, Silverius Sinoor SH mengatakan, angka kelulusan tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) Kabupaten Bengkayang tahun 2011 mencapai 85, 51 persen.
"Angka kelulusan kita tahun ini untuk SMP mengalami peningkatan. Namun, kita tidak puas dan kedepannya harus lebih baik lagi. Dari semua sekolah itu, Kabupaten Bengkayang tidak ada menyumbang sekolah yang angka kelulusannya 0 persen,” terang Sinoor via telepon seluler, Sabtu (4/5)
Sinoor menjelaskan, Angka persentase kelulusan SMP/MTs itu diperoleh dari nilai kelulusan siswa setiap sekolah. Tahun ini, sebanyak 51 Sekolah Menengah Pertama, baik umum dan agama mengikuti ujian nasional.
Dari 51 sekolah, sebanyak 21 sekolah berhasil meluluskan siswanya dengan capaian 100 persen. Keinginan lebih baik yang diungkapkan Sinoor itu juga telah disampaikan kepada seluruh kepala sekolah saat menyampaikan hasil kelulusan sehari sebelum pengumuman kelulusan dilakukan.
Dalam penyerahan hasil kelulusan kemarin, kami memerintahkan semukan Kepala Sekolah SMP/MTs untuk mengevaluasi apa yang telah dilaksanakan selama ini, agar tahun 2011-2012 dapat lebih baik lagi.
“2010 lalu ada ujian ulangan, untuk tahun ini tidak ada.  Apabila tidak lulus, siswa dapat mengikuti ujian paket B untuk SMP, dan dapat juga mengulang kembali ke kelas tiga,” tegas bapak berkumis tebal dan berkacamata putih, kemarin.
Yosefh Akin Kasi Kurikulum SD dan SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkayang  menerangkan, untuk  tingkat SMP yang ada di Kabupaten Bengkayang baik itu negeri maupun swasta secara keseluruhan berjumlah 70 sekolah, swasta 12 sekolah, negeri 51, dan MTs 7 sekolah. Dengan Sembilan mata pelajaran yag di US, dan empat yang UN.
“Pada tahun ajaran 2009/2010 lalu di tingkat SMP persentase kelulusan mengalami penurunan dibandingkan tahun sebelumnya. Dari 77,89 persen menjadi 76, 064 persen. Tahun ini syukur mengalami peningkatan,” terang Akin, belum lama ini ditemui diruang kerjanya. (cah)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar