Kamis, 25 Agustus 2011

Gempa Dua Kali, WargaUngsi ke Gunung


By: Yopi Cahyono, S.Hut
Bengkayang.  
Kapolres Bengkayang, AKBP Mosyan Nimitch SIK mengatakan, semalam benar ada gempa susulan. Yang paling keras ialah di Sungai Jaga B dan Sungai Pangkalan Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Bengkayang.
“Semalam saya langsung meluncur ke sana karena masyarakat disana banyak mengungsi ke tempat yang lebih aman. Berhubung anggota Polsek disana kekurang persoil, maka saya perintahkan kurang lebih 30 personil dari seluruh jajaran Polres Bengkayang turun kesana,” beber Nimitch via telepon seluler, Kamis (25/8).
Nimitch menjelaskan, personil Polres Bengkayang yang diturunkan ke Kecamatan Sungai Raya ialah dari satuan intel, shabara, reskrim dan bimas dengan lima unit kendaraan Polres Bengkayang. Hal ini dimaksud untuk membantu Polsek Sungai Raya dalam hal pengamanan rumah warga karena semalam sudah banyak masyarakat setempat yang mengungsi dan rumah penduduk yang ditinggalkan penghuninya.
Masyarakat semalam sudah mengungsi.  Ada dua titik tempat pengungsian, yakni di pasar gunung di SDN 10 Pasar Gunung arah ke Kecamatan Capkala dan bukit batu payung di Tanjung Gundul. Oleh karena itu, langkah pertama kita ialah patroli karena warga meninggal rumahnya, dan tempat pengungsi diamankan.
“Saya menghimbau kepada masyarakat tetap tenang, jangan cemas. Karena gempa tersebut tidak berpotensi sunami. Apabila warga ingin mengetahui informasi mengenai gempa dan situasi disana hubungi nomor saya langsung ke 081352267880,” imbaunya.
Orang nomor satu di Mapolres Bengkayang ini menerangkan, akibat gempa semalam, tidak menimbulkan kerusakan fisik. Perlu diketahui, 24/08/2011-23:33:05 WIB 3.6 SR 83 Km 0.53 LU 109.6 BT Pusat gempa berada di darat 70 km timur laut Pontianak III MMI Mempawah, II MMI Singkawang, II MMI Pemangkat. 24/08/2011-22:51:40 WIB 4.6 SR 10 Km 0.68 LU 108.81 BT Pusat gempa berada di laut 97 km Barat laut Pontianak II-III Singkawang. (cah)
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Begkayang, Yosef menerangkan, barusan ada rapat bersama Wakil BUpati Bengkayang beserta 15 SKPD untuk membahas permasalahan gempa yang terjadi.
“Kita akan bentuk tiga titik posko yakni di Sungai Duri, Simpang ke Capkala, dan Kantor Camat Sungai raya Kepulauan. Malam ini juga posko tersebut akan berdiri,’ terang Yosef kepada quator via telepon seluler, kemarin.
Adapun ke 15 SKPD tersebut ialah BPBD, Dinas Tenaga Kerja, Sosial dan Transmigrasi. Satuan Polisi Pamong Praja, Kantor Kesbangpol, DPKAD, para asisten, dan kabag di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Bengkayang. (cah)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar