Minggu, 03 Maret 2013

2000 Orang Ikut Festival Cap Go Meh

Bengkayang (Kalbar Times). Perayaan Festival Cap Go Meh tahun 2013 kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Tahun ini melibatkan manusia sebanyak 2000 orang untuk mengikuti pawai mengelilingi Kota Bengkayang.
Maksar Alek, SE
Maksar Alex, SE, Ketua Panitia Festival Cap Go Meh Tahun 2013 mengatakan, pihaknya mengucapkan ribuan terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat Kabupaten Bnegkayang karena telah menyukseskan kegiatan Festival Cap Go Meh dan membuat situasi dan kondisi tetap kondusif.
“Sebanyak 90 tatung yang ikut bagian dalam Festival Cap Go Meh hari ini di Kota Bengkayang,” beber Maksar yang juga Legislator DPRD Bengkayang dari Partai Demokrat ditemui di Halaman Gedung Pancasila Bengkayang, Minggu (24/2).
Ia menjelaskan, tatung yang berasal dari Kabupaten Bengkayang sebnayak 75 tatung sedangkan sisanya dari Kota Singkawang. Untuk tandu pada Festival Cap Go Meh tahun ini sebanyak 30 tandu.
Selain itu, dalam Festival Cap Go Meh tahun ini di Bengkayang turut beratraksi dari Barongsai, Naga, Tanjidor, Reok, Kuda Lumping dan Mercing Band.
“Kurang lebih sebanyak 2000 orang yang berpartisipasi dalam kegiatan Festival Cap Go Meh di Bengkayang tahun ini,” tegasnya.
Anggota DPRD Bengkayang dari Daerah Pemilihan Bengkayang Satu ini menjelaskan, tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya dalam hal rute Festival Cap Go Meh.
Apabila tahun sebelumnya kegiatan di pusatkan di Jalan Migang (Vihara Ariamarama, Red), tetapi untuk 2013 dipindahkan ke Gedung Pancasila.
Hal ini dikarenakan situasi dan kondisi yang tidak memungkinkan lagi untuk memusatkan kegiatan Festival Cap Go Meh di Jalan Migang yang sempit.
Adapun rute Festival Cap Go Meh tahun 2013 ialah peserta dikumpulkan di Halaman Gedung Pancasila kkemudian di lepas oleh Bupati Bengkayang Suryadman Gidot teapt pukul 09.00. para peserta pawai kemudian menuju ke Jalan Pasar Tengah.
Kemudian belok kanan masuk Jalan Tabrani. Setelah itu belok kiri masuk ke Jalan Migang. Pawai kemudian masuk ke Jalan Jerendeng AR dan memutar di Komplek Terminal Bengkayang, dan melanjutkan perjalanan menuju Jalan Jerendeng AR dan belok kiri memasuki Jalan Gereja Protestan.
Setelah itu belok kanan menuju Jalan Masjid Jami dan belok kiri menuju Jalan Ismoyo dan berputar kembali ke Jalan Ngura memasuki Jalan Basuki Rachmad.
Peserta pawai kemudian memutar menuju Jalan Tabrani dan tembus ke Jalan Jerendeng AR belok kiri menuju Jalan Susteran dan masuki Jalan Bhakti. Setelah itu tembus lagi ke Jalan Ngura dan finis di Gedung Pancasila.
Tampak hadir saat pembukaan Festival Cap Go Meh di Halaman Gedung pancasila seperti Suryadman Gidot selaku Bupati Bengkayang, Agustinus Naon sebagai Wakil Bupati Bengkayang, Sebastianus Darwis selaku Ketua DPRD, Kristianus Anyim sebagai Ketua Dewan Adat Dayak Kabupaten Bengkayang, Edi Irianto selaku Ketua Pengurus Cabang Nahdatul Ulama Kabupaten Bengkayang dan anggota DPRD Bengkayang, Anastasia Maria, Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bengkayang serta Pimipinan Forkopinda lainnya. (yopi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar