Minggu, 25 September 2011

KPPT Bengkayang GELR pELATIHAN Pengembangan Karakter dan Mental

BENGKAYANG-KALIMANTAN BARAT

Dr Yan S Sos MSi, Kepala Kantor Pelayanan Perijinan Terpadu Kabupaten Bengkayang mengatakan, dalam rangka peningkatan kualitas SDM aparatur Pemda Bumi Sebalo untuk pelayanan public maka dibuatlah kegiatan pembinaan mental.
“Tujuan kegiatan ini ialah untuk meningkatkan kinerja dan mental sebagai staf pelayanan di lingkungan KP2T dan SKPD lainnya yang berhubungan dengan pelyanan publik supaya potensi dan mental yang ada lebih baik lagi,” terang Mantan Sekretaris Bappeda Kabupaten Bengkayang ini diruang kerjanya, Sabtu (24/9).
Mantan Camat Lumar ini menjelaskan, selama ini mental yang ada di Pemda Bengkayang bagi PNS dan honorer ialah tidak diperintah maka tidak bekerja. Selain itu, banyak yang masih takut akan pimpinan. padahal seharusnya PNS yang ditakuti ialah pekerjaan bukan pimpinan. Hal ini yang ingin di ubah. Apabila kedua factor tersebut tidak dapat diubah, macam mana mau melayani masyarakat.
Lanjutnya, pelatihan pembinaan mental ini diharapkan staf memiliki karakter yang benar supaya mereka tau potensi yang ada pada dirinya. Pembicaraan sengaja didatangkan dari Jakarta yakni Samuel S, Lusi penulis buku The Real You is the Real Success yang diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama pada Juli 2010 lalu dan pernah diwawancara oleh Kick Andi acara Metro TV beberapa waktu lalu.
Saat awak Koran ini menanyakan kenapa jauh-jauh mengundang pembicara untuk pelatihan mental. “Pembicara dapat menjadi inspirasi dan aspirasi para staf supaya mental terbentuk seperti yang diharapkan,” jelasnya.
Perlu diketahui, peserta pelatihan kurang lebih 25 orang dan hadir dua orang KP2T Singkawang, dua orang JTZ, dan para SKPD serta organisasi wanita di Bumi Sebalo.
Semuel L Lusi, Narasumber dari Salatiga menuturkan, sebenarnya pengembangan karakter ini untuk karyawan swasta tetapi dapat juga digunakan untuk PNS apalagi yang berhubungan dnegan masyarakat secara langsung seperti KPPT Kabupaten Bengkayang ini.
“Tema kegiatan ini ialah pengembangan karakter utuk prestasi kerja. Selama ini, banyak pemimpin yang pintar tetapi tidak dapat mengendalikan emosinya. Pemimpin yang baik ialah ke empat factor atau fariabel kecerdasan yang dibutuhkan oleh emimpin dan setiap orang yakni spiritual, emosional, inteletual dan fisik,” rinci Semuel ditemui di KPPT Bengkayang, kemarin.
Semuel melanjutkan, apabila orang tidak mengenal diri sendiri, macam mana caranya mau bekerja dengan baik. Kita harus tau macam mana kita mengenal diri sendiri. Selama ini kita hanya tau menilai orang lain tetapi tidak mengenal diri sendiri.
Dari hasil sementara, ia sangat bangga akan PNS yang ada di Bengkayang, karena mereka sangat antusias dan mau mengenal dirinya sendiri. Ada yang mengatakan dirinya seperti kayu, batu karang, dan banyak lagi.
Suryadman Gidot, Bupati Bengkayang mengungkapkan, PNS yang ada saat ini sedikit yang mau bekerja untuk memajukan kabupaten ini. Hal ini bukan tanpa alasan, dari pantauan ia di beberapa SKPD membuat ia berkesimpulan seperti itu.(cah)


2 komentar:

  1. KPPT harus terus berbenah dalam meningkatkan pelayanan yang sudah baik.

    BalasHapus
  2. Han's christian12 Oktober, 2011 13:58

    Mental yang baik harus dimulai dari atasan agar bisa menjadi tuntunan yang baik bagi bawahannya,namun alangkah baiknya dimulai dari diri sendiri.

    BalasHapus