Jumat, 08 Juni 2012

Hindari Laka, Warga Tambal Jalan Propinsi

BENGKAYANG BERANDA KALBAR-SERUKAM. Sepanjang jalan Bengkayang menuju kota Singkawang yang merupakan jalan provinsi, banyak yang berlubang dan rusak. Walaupun pihak pemprov Kalbar kerap melakukan tambal sulam namun masih banyak ruas jalan yang rberlubang dna rusak parah sehingga warga setempat dengan kesadarannya menambal jalan tersebut supaya laka lantas dapat dihindari.
Miang Santoso, warga Serukam Kecamatan Samalantan mengatakan, ia bersama tiga temannya berinisiatif untuk menambal jalan propinsi yang berlubang di daerah gunung van de ling secara swadaya.
"Tunggu Pemprov Kalbar yang menambal jalan ini, sudah banyak laka lantas yang terjadi," kesal Santoso ditemui di Jalan Van De Ling, Rabu (5/6).
Ia melanjutkan, penambalan jalan yang berlubang menggunakan semen, pasir dan batu pecah. Hal ini dimaksud supaya tambalan yang mereka kerjakan dapat bertahan dengan waktu yang lama.
Santoso mengakui, dengan mereka secara suka rela menambal jalan propinsi ini tentunya membutuhkan pengertian dari pengguna jalan.
"Sumbangan suka rela bagi pengendara roda dua dan empat yang melintas. Kami tidak memaksa, bahkan banyak motor yang lewat tidak menyumbang," tegasnya.
Dengan adanya sumbangan dari pengguna jalan, modal mereka membeli semen, pasir dan batu pecah dapat tergantikan.
Yanto, warga Kecamatan Bengkayang mengungkapkan, dengan adanya warga yang berinisiatif menambal jalan propinsi sudah membantu pihak pemerintah memperbaiki jalan raya.
"Tidak ada undang-undang yang melarang warga membantu menambal jalan dan meminta sumbangan secara suka rela kepada pengguna jalan," ucap yanto, kemarin.
Ia meneruskan, dengan banyaknya jalan propinsi yang berlubang, tentunya akan menimbulkaan kecelakaan.
Jalur Bengkayang-Singkawang, terutama daerah yang banyak berlubang jalannya, rawan kecelakaan bahkan sampai memakan jiwa.
"Jika tidak percaya, tanya sana di polres bengkayang, berapa orang mati akibat jalan propinsi ini rusak dan berlubang,"tandasnya. (cah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar