Rabu, 26 September 2012

Rapat Pleno Pilgub Kalbar, Cornelis-Cristiandy Sanjaya Unggul di Kabupaten Bengkayang

Eddy: Paslon nomor urut satu meraih 74,4 persen suara di Kabupaten Bengkayang

Bengkayang Beranda Kalbar-Bengkayang. KPU Bengkayang telah melaksanakan rekapitulasi hasil penghitungan suara Pilgub Kalbar 2012 dalam rapat pleno KPU Bengkayang dengan dihadiri oleh saksi paslon, panwaslu, pemantau, dan anggota masyarakat setempat di Hotel Lala Golden Bengkayang.
Ketua KPU Bengkayang, Eddy A SH menandatangani BA Rekapitulasi penghitungan suara Pilgub Kalbar 2012
Rapat pleno terbuka ini juga dihadiri oleh 17 PPK se Kabupaten Bengkayang, dan diamankan oleh kurang lebih 40 personil Polres Bengkayang, TNI dan Polisi Pamong Praja. Sedangkan untuk saksi masing-masing Paslon (Pasangan Calon, Red), Wardi S Si dari saksi paslon nomor urut satu, Hariyanto saksi dari paslon nomor urut dua, dan Marinus saksi dari paslon nomor urut tiga.saksi paslon nommor urut empat tidak ada.
“Hasil akhirnya, paslon nomor urut satu Cornelis-Cristiandy Sanjaya unggul di Kabupaten Bengkayang dengan 83138 suara atau 74,4 persen,” terang Eddy A SH, Ketua KPU Bengkayang kepada awak media ini ditemui di Hotel Lala Golden Bengkayang, (25/9).
Ia melanjutkan, paslon nomor urut dua Armyn Ali Anyang meraup 9590 suara atau 8,6 persen, dan paslon nomor urut tiga Morkes Effendi-Burhanuddin A Rasyid mendulang suara sebanyak 15431 suara atau 13,8 persen. Sedangkan paslon nomor urut empat Abang Tambul Husin-Barnabas Simin memperoleh 3557 suara atau 3,2 persen.
Panwaslu Kabupaten Bengkayang dan Saksi masing-masing Paslon
Sebanyak 111716 suara sah hasil rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan suara Pilgub Kalbar 2012 atau sebesar 98, 42 persen. Sedangkan suara tidak sah sebanyak 1793 suara atau 1,58 persen.
Kabupaten Bengkayang memiliki 603 TPS (Tempat Pemungutan Suara, Red), PPS (Panitia Pemungutan Suara, Red) sebanyak 124 dan 17 PPK (Panitia Pemilu Kecamatan, Red).
Sebanyak 113509 lembar surat suara yang terpakai di Kabupaten Bengkayang, sedangkan surat suara yang dikembalikan oleh pemilih karena rusak atau keliru coblos sebanyak 221 lembar dan sebanyak 34040 lembar surat suara yang tidak terpakai dari 144166 pemilih yang ada di Bumi Sebalo.
“Partisipasi masyarakat Kabupaten Bengkayang untuk mencoblos pada tanggal 20 September lalu sebanyak 78, 7 persen sedangkan yang tidak memilih sebanyak 21,3 persen,” kata Eddy, kemarin.
Kapolres Bengkayang AKBP Veris Septiansyah menyalami Ketua KPU Bengkayang Eddy A SH


Ia mengucapkan terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat yang telah menyukseskan Pilgub Kablar 2012 di Bumi Sebalo.
Saat awak media ini menanyakan kenapa hanya 78,7 persen saja masyarakat Kabupaten Bengkayang sadar akan menggunakan hak suaranya saat 20 September 2012 lalu.
“Banyak kemungkinan yang terjadi di lapangan, bisa saja mahasiswa yang terdaftar di DPT tidak dapat pulang untuk memilih dikarenakan libur hanya sehari atau tidak ada dana pulang kampung untuk mencoblos,” paparnya.
Ia menjelaskan, selain itu, alasan warga tidak memilih, kemungkinan tenaga kerja seperti TKI, TKW yang bekerja di luar negeri atau di luar Kabupaten Bengkayang tidak dapat pulang kampung karena ongkos dan hanya sehari saja waktu libur. (yopi)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar