Sabtu, 17 Desember 2011

Api Lahap 19 Ruko di Karangan, Petugas Pemdam Kebakaran Cedera

 
Bengkayang. Api berkobar dengan cepat, kebakaran di pasar karangan Kabupaten Landak di siang bolong membuat panik masyarakat setempat. Pemadam kebakaran dari Sungai pinyuh dan Abnegkayang dipinta oleh Kapolsek Karangan untuk membantu memadamkan kebkaran yang menghanguskan 19 ruko. Satu petugas pemadam kebakaran dari BPKB cedera akibat air panas di TKP.
Djit Cou alias Labe, 56, Ketua BPKN (Badan Pemadam Kebakaran Bengkayang) mengatakan, pihaknya mendapatkan informasi terjadinya kebakaran di pasar Karangan Kabupaten Landak dari Yuda salah satu warga Kecamatan Bengkayang Rabu (14/12).
“Yuda di telepon oleh Kapolsek Karangan untuk meminta bantuan mengirimi mobil pemadam kebakaran dari Bengkayang, dan Yuda langsung menhububungi saya jam 15.15,” aku Labe ditemui di kediamannya di Jalan Jerendeng AR, Bengkayang, Kamis (15/12).
Setelah mendapatkan informasi tersebut, Ketua BPKB yang bermarkas di Vihara Ariamararama pada Jalan Migang ini langsung menghubungi anak buahnya dan langsung meluncur ke Karangan pada pukul 15.30 dan sampai ke TKP pukul 16.45.
BPKB membawa pasukannya sebnayak 14 orang dan dua unit mesin pemadam kebakaran dan satu unit mobil L 300 yang merupakan sumbangan dari PT Barito Pasifik. Mobil yang tergolong tua ini bnayak rintangan selain sudah termakan usia, juga para pengendara mobil Bengkayang-Karangan tidak mengerti akan sirine yang di bunyikan BPKB.
“Kami sama-sama datang dnegan mobil pemadam kebakaran dari Sungai Pinyuh, mereka dua unit mobil, sedangkan mobil pemadam kebakaran dari Pemda Landak pukul 20.00 baru tiba, itu pun saat di TKP rusak alat pemadam kebakarannya dan meminjam mesin kompa kami,” beber Labe.
Labe melanjutkan, kebakaran menurut informasi sekitar pukul 13.00, dan saat kami tiba api sudah mulai mengecil. Sebnayak 19 rumah toko hangus terbakar dan menyisakan tiga ruko yang maish utuh. Labe mengungkapkan, mereka akhirnya memadamkan puing-puing bekas kebakaran yang di dunga masih ada apinya bersama pemdam kebakaran dari Sungai Pinyuh sampai pukul 22.00 malam.
“Le;ebihan mobil kebakaran kami ialah selangnya panjang mencapai 17 meter dan mesin kompanya walaupun mobil sudah tua. Satu anggota BPKB, Siroy cedera diakibatkan menginjak air panas di TKP. Ia luka lecet di kaki kanan,” beber Labe. (cah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar