Sabtu, 14 April 2012

PATROLI Kesadaran Taat Lalu lintas Masyarakat Bengkayang Rendah

Bengkayang. sudah 13 tahun Bengkayang menjadi kabupaten, tetapi masyarakat masih rendah akan sadar hukum berlalu lintas. Ini menjadi PR bagi pihak kepolisian khususnya Polantas di Bumi Sebalo.
AKBP Veris Septiansyah SH SIK MSi, Kapolres Bengkayang melalui AKP Reza Antoni Simanjuntak, Kepala Satuan Lalu lintas mengatakan, ia sering memberikan sosialisasi kepada anggota kepolisian di Mapolres Bengkayang setiap apel untuk tertib berlalu lintas dan taat aturan.
”Saya tiada hentinya memberikan arahan kepada anggota Polres Bengkayang, karena kalau bukan dari kita yang memberikan contoh yang baik kepada masyarakat Bumi Sebalo, siapa lagi,” kata Reza kepada Equator ditemui diruang kerjanya, Selasa (10/4).
Reza melanjutkan, arahan yang ia sampaikan anggota semata-mata untuk terwujudkanya kesadaran masyarakat akan hukum yang berlaku. Karena di rakyat Indonesia ini patuh hukum saat ada razia saja sedangkan setelah tidak ada razia mengulangi lagi seperti tidak memakai helm standard an ganda bagi kendaraan roda dua, tidak memakai sabuk pengaman saat mengendarai roda empat.
Mengenai kesadaran masyarakat dalam mentaati aturan lalu lintas, bukan hanya di Kabupaten Bengkayang saja tetapi di provinsi lain bahkan di Jakarta sendiri masih banyak warga yang tidak taat aturan lalu lintas.
Terkait banyaknya pengendara yang tidak memakai helm standard dan  ganda, pihaknya sering melakukan razia rutin bahkan sampai melayangkan surat tilang. Tetapi bukan hanya semata-mata melayangkan surat tilang, kita harus memberikan surat peringatan terlebih dahulu kepada yang melanggar aturan lalu lintas.
Langkah awal sejak dirinya menjabat sebagai Kasat Lantas Polres Bengkayang, Reza membuat pamplet dan plang peringatan disepanjang jalan baik itu jalan provinsi maupun kabupaten.
“Kita berusaha macam mana masyarakat tidak membenci Polantas, makanya kita melakukan pendekatan dalam merubah paradigma masyarakat kita yang masih kurang dalam hal sadar hukum berlalu lintas baik itu yang dilakuakn dari diri kita sendiri, sosialisasi, bahkan memberikan surat peringatan sampai tilang,” tegasnya.  (cah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar