Jumat, 18 November 2011

Equator Adakan Pelatihan Jurnalis Pada Anak SMA


Bengkayang. Dalam rangka memeriahkan HUT Harian Equator yang ke 13 tahunnya dan HUT Harian Equator Biro Bengkayang ke- 2 tahunnya, akan melakukan kegiatan pelatihan jurnalistik  praktis tingkat SMA Se Kabupaten Bengkayang.
Selain dalam rangka memperingati HUT Harian Equator ke 13, juga dalam rangka memperingati Hari Parlemen Indonesia, Listrik Nasional, Sumpah Pemuda, Pahlawan, Guru, Kesehatan Nasional, Brimob, Perhubugan Darat, Pohon dan Perkebunan.
"Berhubung Ultah Harian Equator bertepatan dengan bulan memperingati hari-hari nasional tersebut jadi kita gabungkan saja. Untuk tahun ini kita hanya melakukan satu kegiatan saja, mudah-mudahan tahun depan minimal satu semester ada kegiatan," kata Yopi-sapaan akrabnya ditemui di Jalan Jerendeng AR Bengkayang, kemarin.
Lebih lanjut ia menjelaskan, tujuan kegiatan ini ialah mewujudkan visi dan misi Kabupaten Bengkayang yang sejahtera, cerdas, sehat, beriman, demokratis, dan mandiri dalam keberagaman.
Selain itu, untuk mengenalkan kepada pelajar tentang seluk-beluk dunia jurnalistik, menumbuhkan kecerdasan dan kreativitas pelajar melalui tradisi jurnalistik, Siswa memiliki kemampuan mengelola media cetak.
Dan memberdayakan kembali pustaka sekolah karena orang yag bisa menulis adalah orang yang suka membaca serta menumbuhkan kembali media-media internal di sekolah seperti penerbitan bulletin dan madding di sekolah-sekolah.
Krisantus, Ketua Panitia Pelatihan Jurnalistik Praktis Tingkat SMA Se-Kabupaten Bengkayang mengatakan, kegiatan kali ini mengambil tema mari generasi muda Kabupaten Bengkayang membangun Bumi Sebalo lebih maju dari kabupaten lain melalui dunia jurnalistik.
"Kegiatan ini akan dilaksanakan pada 26 November mendatang di Aula Paroki Santo Pius IX Bengkayang. Sebanyak 28 SMA sederajat di Bumi Sebalo telah dilayangkan surat untuk mengikuti kegiatan ini," beber Alumnus Fisipol Untan ini ditemui di Sekretariat Panitia di jalan Basuki Rachmad, kemarin.
Krisantus melanjutkan, bagi sekolah yang ingin mendaftar silakan langsung datang ke sekretariat panitia di Jalan Basuki Rachmad No 60 Bengkayang. Pembukaan dimulai sejak 1-23 November mendatang.
“Rencananya kegiatan ini akan di buka oleh Bupati Bengkayang. Mudah-mudahan Bupati ada waktu dan tidak ada halangan untuk membuka gawe kita ini,” harap Krisantus.
Lebih lanjut ia menjelaskan, dasar ia ditunjuk sebagai Ketua Paitia ialah Surat Keputusan Nomor 1 tahun 2011 tentang pembentukan panitia jurnalistik praktis tingkat SMA Se- kabupaten Bengkayang dari Harian Equator Biro Bengkayang.
Target kegiatan yang ingin dicapai adalah pelajar memiliki skill dalam pengelolaan media cetak. Meningkatkan kemampuan jurnalis kaum muda secara otonom dan mandiri. Mampu membuat media massa sendiri, minimal bulletin.
Sementara itu, target peserta kegiatan adalah pelajar tingkat SMA, SMK, dan MA Se-Kabupaten Bengkayang, satu sekolah maksimal mengirimkan perwakilan tiga pelajar (Diutamakan pelajar kelas X dan XI).  
 Dan didampingi guru yang mengajar bidang studi Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris. Adapun materi yang diberikan pelatihan menulis berita dan mengelola media/jurnalistik di sekolah.
“Selain kita memberikan materi pengetahuan tentang dunia jurnalistik, praktek menulis juga akan kita laksanakan. Dimana para peserta selama satu jam mewawancarai masyarakat yang ada di kota Bengkayang,” jelasnya.
Peserta dipersempit dalam penulisan berita. Dan kita member opsi kepada mereka untuk menuis mengenai Dampak hadirnya Harian Equator di Kabupaten Bengkayang, Hari Parlemen Indonesia, Listrik Nasional, Sumpah Pemuda, Pahlawan, Guru, Kesehatan Nasional, Brimob, Perhubungan Darat, Pohon dan Perkebunan. (Cah)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar