Kamis, 24 November 2011

Limbah PT Patiware Cemari Sungai, DPRD Bengkayang Bertindak



Bengkayang. Wakil rakyat yang duduk di DPRD Bengkayang untuk kedua kalinya melkaukan reses berkelompok. Komsi B telah melaksanakan reses beberapa waktu lalu di tiga kecamatan yakni Jagoi Babang, Capkala dan Seluas.
“Saat reses di Jagoi Babang kami langsung melihat jalan provinsi yang rusak akibat diterjang banjir dan pembangunan puskesmas,” terang Ketua Komisi B, Martinus Kajot ditemui diruang kerjanya, Kamis (24/11).
Legislator dari Daerah Pemilihan III ini melanjutkan, untuk Kecamatan Seluas pihaknya memantau jalan kabupaten yang rusak, baik itu di SP 1, 2, dan di Kampung Pisang.
Untuk Kecamatan Capkala, Komisi B memantau langsung mengenai permasalahan antara masyarakat setempat dengan perusahaan perkebunan kelapa sawit yakni PT Patiware.
Pada 28 November mendatang Komisi B kembali lagi ke Capkala untuk menindaklanjuti permasalahan tersebut dan akan mempertemukan antara masyarakat dengan pihak perusahaan.
“Masyarakat mengeluh dengan dampak lingkungan yang ditimbulkan oleh PT Patiware yang telah melakukan pencemaran lingkungan,” jelas Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bengkayang ini.
Kajot menjelaskan, bak penampungan pabrik milik PT Patiware melebihi kapasitas sehingga meluap dan hanyut ke sungai. Akibatnya, masyarakat tidak terima dengan pencemaran tersebut.
Seperti diketahui aturan mengenai reses dewan sudah jelas diatur di PP No 24/2004 tentang susunan kedudukan dan protokoler pimpinan dan anggota DPRD yang diubah menjadi PP No 21/2007 dan dijabarkan dalam Permendagri No 21/2007.
Dalam ketentuan itu diatur bahwa anggaran reses harus diwujudkan dalam bentuk belanja program dan kegiatan di daerah pemilihan asal dan diberikan tiga kali dalam setahun. Penggunaannya pun tak bisa sembarangan.
Reses atau Masa Reses adalah masa dimana DPR melakukan kegiatan di luar masa sidang, terutama di luar gedung DPR. Misalnya untuk melakukan kunjungan kerja, baik yang dilakukan anggota secara perseorangan maupun secara berkelompok. (cah)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar