Jumat, 18 November 2011

Hasil Pembangunan PNPM-MP Diserahkan kepada BPD


Bengkayang. Semi Loka SKPD PNPM Mandiri Pedesaan yang dilaksanakan di aula III Lantai V Kantor Bupati Bengkayang yang diselenggarakan beberapa waktu lalau berjalan dengan lancar. Bupati Bengkayang memintan hasil pembangunan dari program PNPM - MP yang sudah dibangun dan sudah serah terima dengan BPD (Badan Permusyawaratan Desa).
Suryadman Gidot, Bupati Bengkayang melalui  Supriadi, Staf Ahli Bupati Bengkayang bidang Pembangunan mengatakan, PNPM Mandiri Pedesaan merupakan salah satu program Pemerintah untuk mempercepat penanggulangan kemiskinan didaerah. 
“Hasil-hasil pembangunan dari program PNPM - MP yang sudah dibangun dan sudah serah terima dengan BPD (Badan Permusyawaratan Desa) dapat dipelihara dan dirawat dengan baik, fungsikan sesuai dengan fungsinya ini semua dimaksudkan agar dapat memenuhi kebutuhan masyarakat,” ingat Supriadi.
PNPM-MP dapat meningkatkan taraf kehidupan masyarakat kurang mampu dengan tiga bidang sasaran program yaitu, bantuan dan perlindungan sosial, pemberdayaan masyarakat dan pengembangan UMK (Usaha Mikro Kecil) melalui dana simpan pinjam khusus perempuan (SPP).
“Program - program yang telah dicanangkan itu diharapkan dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat Bengkayang. Program PNPM-MP juga dapat berkontribusi secara nyata dalam mengentaskan kemiskinan.,” kata Supriadi.
Kemudian, mengembangkan kemampuan perencanaan pembangunan partisipatif di Desa dan antar Desa dengan meningkatkan peran serta masyarakat terutama kelompok miskin dan perempuan.
Baik dalam pengambilan keputusan perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan pelestarian pembangunan.
Yang tidak kalah pentingnya, PNPM-MP juga mengembangkan kapasitas pemerintah desa melalui interaksi antar desa dalam memfasilitasi pengelolaan pembangunan perdesaan yang berkelanjutan.
“Mendorong terbentuknya dan berkembangnya badan kerjasama antar Desa (BKAD) dan mengembangkan kerjasama antar pemangku kepentingan dalam upaya penanggulangan kemiskinan kedepan,” terangnya.
Zarqoni ketua PJO Kabupaten Bengkayang menerangkan, maksud diadakannya Semi Loka SKPD PNPM Mandiri Pedesaan Tahun 2011 ini adalah untuk meningkatkan komitmen SKPD dalam upaya penanggulangan kemiskinan dan pemberdayaan masyarakat.
“Serta mengembangkan sistem pembangunan daerah yang berorientasi dan berpihak kepada rakyat yang mana hal tersebut  akan mempermudah integrasi program antara pemerintah pusat dan daerah  sehingga tahapan-tahapan pelaksanaan PNPM-MP terjadi Sinkronisasi antar SKPD,” jelasnya.(cah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar