Selasa, 08 Mei 2012

Gidot Buka Pertasi Kencana Se-Kalbar

Bengkayang. Dalam rangka Hari Krida Pertanian, Koperasi, Keluarga Berencana Nasional, Lingkungan Hidup, Pangan se dunia, menanam pohon Indonesia, HUT Pemda Bengkayang ke 13, Jambore Penyuluh Pertanian, Perikanan dan Kehutanan serta pameran pembangunan di Bumi Sebalo dari 7-10 Mei 2012.
Bupati Bengkayang, Suryadman Gidot mengatakan, tema kali ini ialah dengan sinergisitas dan keterpaduan pembangunan kita tingkatkan ketahan pangan, kesejahteraan masyarakat dan kelestarian lingkungan hidup di Kalimantan Barat.
“Dengan tema tersebut, dapat memadukan berbagai program dan kegiatan dari berbagai sector untuk Membangun Kalbar lebih maju lagi dimasa-masa mendatang,” harap Gidot kepada Equator ditemui di Stand Pameran Jalan Guna Baru Trans Rangkang Bengkayang, Senin (7/5).
Wakil Bupati Bengkayang periode 2005-2010 ini mengakui,  sebagai tuan rumah penyelenggaraan kegiatan ini sehingga segala daya upaya dikerahkan untuk menjadi penyelenggara seklaigus tuan rumah yang baik.
Dengan keterbatasan yang ada, Gidot melanjutkan, hanya itulah yang dapat diberikan. Baik yang berhubungan dengan fasilitas tempat kegiatan, penginapan, sarana maupun prasarana pendukung lainnya.
“Kita berusaha mendandani Kabupaten Bengkayang sehingga menjadi remaja yang menarik, berprestasi. Februari lalu kabupaten kita berhasil meraih prestasi dan penghargaan peringkat pertama se Kalbar atau peringkat ke 14 nasional dalam bidang laporan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah kabupaten/kota,” kata Gidot, kemarin.
Ketua Partai Demokrat Kalbar ini melanjutkan, berdasarkan data statistic 2011 lalu, komoditi unggulan Kabupaten Bengkayang diantaranya padi, jagung, tanaman ubi kayu, aneka sayuran dengan sentra produksi Kecamatan Sanggau Ledo, 17, Monterado dan Sungai raya Kepualauan.
Untuk tanaman buah-buahan ialah jeruk dan pisang. Ternak unggulan adalah sapi, ayam ras pedaging, ayam ras petelur, itik, babi, dan kambing. Sector perkebunan yaitu karet, kelapa sawit, kakao dan lada.
“Rangkaian yang dilaksanakan 7-10 Mei mendatang sebagai salah satu upaya untukmeningkatkan hasil pertanian. Keterpaduan yang kita lakukan dapat berkelanjutan untuk membnagun pertanian yang lebih maju, sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi Kalbar dikarenakan perekonomian provinsi ini masih tertumpu kepada sector pertanian,” ungkapnya.
Dengan adanya pameran pembangunan, setiap kabupaten/kota yang ada di kalbar dapat menampilkan produk unggulan dari kelompok tani, koperasi, UKM, PKK sehingga dapat dikenal oleh luas oleh masyarakat
Kristianus Anyim, Ketua Umum Panitia Pelaksana mengatakan,  latar belakang kegiatan ini sebagai arahan tindak lanjut dari arahan Gubernur Kalbar pada kegiatan Pertasi Kencana di Kabupaten Kayong Utara 2011 lalu.
“Dengan kegiatan ini, meningkatkan kesadaran bersama agar lebih banyak berbuat dengan aksi nyata untuk mengisi pembangunan dis ektor pertanian, pangan, keluarga berencana, koperasi dan lingkungan hidup untuk meningkatkan ketahanan   pangan dan kesejahteraan masyarakat dengan tetap menjaga kelestarian lingklungan,” terang Anyim, kemarin.
Kurang lebih 4100 orang yang terdiri dari berbagai SKPD, Tim Penggerak PKK, kontingen, penyuluh dan undangan dari kabupaten/kota dan propinsi Kalbar. Kabupaten Sambas mengirimi 205 orang, Singkawang sebnayak 140 orang, Landak berjumlah 172 orang, Kapuas Hulu berjumlah 155 orang, Kabupaten Pontianak sebnayak 131 orang, Sintang berjumlah 125 orang.
Kabupaten  Sanggau sebanyak 122 orang, KUbu Raya berjumlah 110 orang, Kayong Utara 100 orang, Ketapang sebnayak 95 orang, Melawi berjumlah 87 orang, kota Pontianak berjumlah 80 orang, Sekadau berjumlah 59 orang. Bengkayang sebnayak 1193 orang, Propoinsi Kalbar berjumlah 99 orang.(cah)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar