Sabtu, 19 Mei 2012

Bupati Bengkayang Lepas 42 Kontigen Popda


Bengkayang. atlit-atlit peserta Popda Kabupaten Bengkayang lulus screening yang dilaksanakan di Dinas Pemuda Dan Olahraga Kalbar 1 mei lalu.
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkayang, Silverius Sinoor mengatakan, Rabu (16/5) lalu telah melepaskan kontigen  POPDA Bumi Sebalo. Atlit yang dikirim merupakan hasil penjaringan yang telah dilakukan kepada setiap sekolah.
"Sebanyak 42 orang kontigen dari Kabupaten Bengkayang," beber Sinoor kepada Equator ditemui di aula kantor Bupati Bengkayang, belum lama ini.
Sinoor melanjutkan, pemantapan atlit sedang berlangsung dengan melibatkan pengurus kabupaten olahraga dari tiga cabang seperti IPSI, PBVSI, dan PSSI. Ia merincikan, kontigen POPDA tersebut terdiri dari satu manager, enam oficial, 17 atlit cabang olahraga sepakbola, 10 atlit cabor pencak silat, delapan atlit cabor bola volly.
"Kontigen kita akan berangkat hari Minggu (20/5) sekaligus mengikuti technical meeting pada hari yang sama," terangnya. 
Bupati Bengkayang, Suryadman Gidot menerangkan, popda merupakan kejuaraan olahraga antar kabupaten yang diselenggarakan secara berjenjang mulai dari tingkat kabupaten dan propinsi. Oleh karena itu, popda salah satu diselenggarakan atas kerjasama antara Kementrian Pendidikan Nasional, Pemuda dan Olahraga.
POPDA melibatkan peserta didik di tingkat SMA/SMK, MA baik itu negeri maupun swasta yang ada di Kabupaten Bengkayang. Pembinaan dan pengembangan olahraga pendidikan dilaksanakan dan diarahkan sebagai satu kesatuan yang sistematis dan berkesinambungan dengan sistem pendidikan nasional dan melalui proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru pada semua jenjang pendidikan dengan memberikan kebebasan kepada peserta didik untuk melakukan kegiatan olahraga sesuai dengan bakat dan minat dengan memperhatikan potensi dan kemampuan pelajar.
Baik melalui kegiatan intra kurikuler maupun ekstra. Dan harus dilakukan secara teratur dan berkesinambungan. Sehingga dengan demikian dapat menumbuhkembangkan prestasi olahraga secara dini di lembaga pendidikan pada semua jenjang.
"POPDA merupakan wadah pembinaan yang seluas-luasnya bagi generasi muda Indonesia dengan harapan siswa yang memiliki talenta potensial dapat di gali dan dilatih sedini mungkin untuk membangun pilar generasi olahraga kabupaten bengkayang di masa yang akan datang," tandasnya.(cah)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar