Jumat, 18 Mei 2012

Wagub Ajak Masyarakat Kalbar Tanam Hutan yang Gundul



Bengkayang. Wakil Gubernur Kalbar menutupi hari Hari Krida Pertanian, Koperasi, Keluarga Berencana Nasional, Lingkungan Hidup, Pangan se dunia, menanam pohon Indonesia, HUT Pemda Bengkayang ke 13, Jambore Penyuluh Pertanian, Perikanan dan Kehutanan, Gerak PKK ke 40, serta pameran pembangunan di Bumi Sebalo dari 7-10 Mei 2012.
Cristiandy Sanjaya, Wakil Gubernur Kalbar mengatakan, dengan adanya global warming yang terjadi saat ini, kita sebagai manusia yang hidup di bumi harus mawas diri. Seperti yang kita rasakan saat ini di Bengkayang.
“saat ini cuaca tidak menentu dan es yang ada di kutub selatan mencair. Ini diakibatkan global warming dan turut mempengaruhi musim tanam dan mempengaruhi pendapatan petani dan ketahan pangan yang ada saat ini,” keluh Sanjaya kepada Equator ditemui di halaman Kantor BUpati Bengkayang, Kamis (10/5).
Sanjaya melanjutkan, kita sebagai umat manusia diperkirakan akan kekuarangan makanan. Kegiatan seperti ini menjadi langkah kita bahkan nasional. masyarakat dunia sendiri sudah mencemaskan masalah kelangkaan makanan dengan adanya global warming  ini.
Kalimantan Barat masih bersyukur dikarenakan meiliki lahan yang begitu luas dan belum digarap sehingga dapat mempertahankan ketahanan pangannya. Dengan cuaca yang tidak menentu ini, otomatis selain mempengaruhi di bidang pertanian juga ketahan pangan yang ada.
“Oleh karena itu, kita harus melindungi hutan kita. Apabila sudah terlanjur gundul, harus kita tanam kembali. Mari kita wujudkan Indonesia produksi oksigen 26 persen untuk dunia,” ajaknya, kemarin.
Sanjaya meyakini, apabila kita bekerjasama dnegan lembaga internasional, produksi oksigen untuk kebutuhan dunia dapat mencapai 41 persen. Dnegan kita menanam pohon pada hutan yang gundul, otomatis kedepannya akan menghasilkan oksigen.
Bupati Bengkayang, Suryadman Gidotmenerangkan, tema kali ini ialah dengan sinergisitas dan keterpaduan pembangunan kita tingkatkan ketahan pangan, kesejahteraan masyarakat dan kelestarian lingkungan hidup di Kalimantan Barat.
“Dengan tema tersebut, dapat memadukan berbagai program dan kegiatan dari berbagai sector untuk Membangun Kalbar lebih maju lagi dimasa-masa mendatang,” harap Gidot kepada Equator ditemui di Stand Pameran Jalan Guna Baru Trans Rangkang Bengkayang, Senin (7/5).
Wakil Bupati Bengkayang periode 2005-2010 ini mengakui,  sebagai tuan rumah penyelenggaraan kegiatan ini sehingga segala daya upaya dikerahkan untuk menjadi penyelenggara sekaligus tuan rumah yang baik.
“Dengan keterbatasan yang ada, itulah yang dapat diberikan. Baik yang berhubungan dnegan fasilitas tempat kegiatan, penginapan, sarana maupun prasarana pendukung lainnya,” aku Gidot, kemarin. (cah)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar