Senin, 07 Mei 2012

Pameran tanaman dan ternak Siap 90 Persen

Bengkayang. kegiatan Pertasi kencana tinggal beberapa hari lagi, selaku tuan rumah, Dinas Pertanian Kabupaten Bengkayang yang mendapatkan mandate untuk mengelola pameran tanaman dan ternak berkerja ekstra. Kini persiapan telah memasuki tahap 90 persen selesai.
B  Petrus Dias, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bengkayang mengatakan, lahan yang ada di belakang kantornya dahulu ialah banyak ditumbuhi semakbelukar dan pepohonan hutan, namun kini di sulap menjadi lahan yang ditumbuhi berbagai jenis tanaman sayuran dan buah-buahan. Berbagai jenis sayur mayur dan buahan disini yang tumbuh dengan subur.bahkan ada beberapa jenis tanaman buah-buahan yang langka dapat hidup di sini.
“Kita mau buktikan bahwa tanah yang ada di Bengkayang ini dapat tumbuh subur sayur mayur apabila diperlakukan khusus,” tegas Dias kepada Equator ditemui di ruang kerjanya, Jumat (4/5).
Mantan Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Bengkayang ini mengakui, tahap permulaan memang membutuhkan dana besar untuk mengolah tanah kristis ini. Namun kini setelah massa panen usai, sangat ringan biayanya.
“Setelah kegiatan Pertasi Kencana usai, lahan yang ada ini tidak akan dibiarkan saja tetapi akan dilanjutkan apabila Pemda Bengkayang mengijinkan,” ungkapnya.
Dias  ingin lahan ini menjadi lahan percontohan bagi masyarakat Bengkayang pada khususnya dan Kalbar umumnya bahwa lahan kita yang hanya kadar pH tanahnya keasamannya hanya 4,5 tetapi apabila diperlakukan khusus dapat berhasil.
 Saat ini kita selalu studi banding ke pulau Jawa untuk belajar, ia ingin warga dapat meniru apa yang telah dilakukan oleh dinasnya sehingga tidak perlu lagi studi banding jauh-jauh ke Jawa.
Dias menyebutkan, lahan kurang lebih satu hektar di belakang kantornya ini dapat menjadi lahan pertanian yang ditanami sayur mayor untuk dikomersilkan setelah usai kegiatan Pertasi Kencana.
“Dalam menghadapi kegiatan dua tahunan Pertasi Kencana ini, persiapan untuk pameran tanaman dan ternak baru 90 persen. Mudah-mudahan hari H nya apa yang kurang sudah beres semuanya,” tandasnya.
Dias membeberkan, Bupati Bengkayang apabila ada waktu setiap pagi jam 08.00 datang ke kebun ini untuk melihat dan mengecek persiapan kegiatan Pertasi kencana terutama di kebun ini. (cah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar