Selasa, 08 Mei 2012

Warga Sungai Raya Kepulauan Demo PT Patiware Tuntut Kebun Plasma


Bengkayang. Kurang lebih 100 orang masyarakat Kecamatan Sungai Raya Kepulauan turun untuk menyampaikan aspirasi mereka ke Kantor Camat Sungai Raya Kepulauan. Warga menuntut PT Patiware merealisasikan kebun plasma sesuai dnegan janji perusahaan perkebunan kelapa sawit tersebut.
 “Kami melakukan aksi dikarenakan permasalahan tanah untuk kebun plasma yang diajukan warga sejak 2005-sekarang tidak digubris oleh pihak PT Patiware,” keluh Mulyadi, Koordinator Lapangan kepada Equator via telepon seluler, Senin (7/5).
Pada 27 Januari lalu ada pertemuan di Kantor Camat Sungai Raya Kepulauan untuk membahas kebun plasma yang dihadiri oleh TP3K Bengkayang, perwakilan PT Patiware dan warga. Dalam pertemuan tersebut disimpulkan bahwa masyarakat Desa Sungai Raya menuntut dalam waktu tiga bulan sejak pertemuan tersebut, segala permasalahan dapat diselesaikan.
Namun sesuai dengan kesepakatan, pihak PT Patiware tetap tidak menepati janjinya, sehingga kami melakukan aksi demonstrasi ke kantor Camat Sungai Raya Kepulauan dan Camat menuntun kami ke kantor perusahaan perkebunan kelapa sawit,” cerita Mulyadi.
Tiga bulan lalu pihak PT Patiware berjanji tidak melakukan Clean Clering dan menarik alat beratnya. Waktu itu perwakilan PT Patiware berjanji menyampaikan kepada direktur sesuai dnegan tuntutan warga.
“Surat dari Bupati Bengkayang tertanggal 12 Februari 2012 yang disampaikan kepada PT Patiware menindaklanjuti pertemuan pada 27 Januari lalu tidak digubris pihak perusahaan perkebunan kelapa sawit tersebut,” kesal Mul-sapaan akrabnya.
Ia menjelaskan, isi surat dari Bupati Bengkayang ialah PT Patiware merealisasikan pembnagunan kebun plasma pada warga sesuai dengan ketentuan terhitung tiga bulan sejak pertemuan 27 Januari lalu.
“Kami meminta PT Patiware tidak membeli lahan yang dijual dari oknum kelopok tani dikarenakan lahan kelompok tani tersebut dibnetuk oleh DEsa Sungai Raya untuk lahan plasma. Dan menghentikan perkerjaan di lahan yang bermasalah,” tegasnya.
Tomy, warga Sungai Raya mengungkapkan, tidak ada aksi anarkis sat demo berlangsung. Para pendemo memberikan waktu sampai akhir Mei 2012 bagi PT Patiware untuk merealisasikan kebun plasma.
“Itu telah disetujui oleh manager PT Patiware Chairil Manar Jambak. Surat perjanjian tersebut ditandatangi, cap basah dan bermaterai oleh  kedua belah pihak dan disaksikan oleh Camat Sungai Raya Kepulauan,” tandasnya. (cah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar