Rabu, 16 Mei 2012

GELANGGANG OLAHRAGA Bupati Bengkayang Cup IV


Pertandingan Perdana oleh Persado FC versus Lavado FC


Bengkayang. Sepakbola merupakan olahraga yang digemari dan disukai oleh seluruh elemen masyarakat internasional pada umumnya, Kabupaten Bengkayang pada khususnya. Saat dilakukan teknical meating dan cabut undi pada Sabtu (12/5), Persado FC versus Lavado FC membuka pertandingan perdana dalam Turnamen Bupati Bengkayang Cup ke IV.
"Kita mencari bibit-bibit pemain untuk Kabupaten Bengkayang. Mudah-mudahan dengan di dapatkan pemain berbakat di masing-masing club dapat mewakili Bumi Sebalo tampil di tingkat provinsi,"harap Ketua Panitia Turnamen Sepakbola Terakbar Bupati Bengkayang Cup ke IV, Silverius Sinoor SH MH ditemui di Mess Pemda Bengkayang, Sabtu (12/5).
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkayang ini melanjutkan, para manager, oficial club yang ikut bertanding legowo apabila kalah atau menang, ini hal yang alami. Sinoor meyakini saat pertandingan dimulai, banyak yang menyaksikan baik itu anak-anak, keluarga, orang tua dan guru. Oleh karena itu saat pertandingan berlangsung, fair play diutamakan.
Juara satu atau umum akan mendapatkan uang pembinaan sebesar 20 juta, piala bergilir dan medali emas. Peringkat ke dua sebesar delapan juta rupiah dan medali perak. Posisi ke tiga sebesar lima juta rupiah dan medali perunggu.Tiga juta rupiah untuk club yang bertengger pada juara ke empat dan piagam.
Bupati bengkayang cup ke empat kali ini lain dari sebelumnya, dimana pencetak gol terbanyak, pemain terbaik, penjaga gawang terbaik, dan team fair play akan mendapatkan uang pembinaan masing-masing sebesar satu juta rupiah dan piagam penghargaan.
"Pemain terbaik dan penjaga gawang terbaik yang berhak ialah pemain asal Kabupaten Bengkayang," tegasnya.
Sinoor meneruskan, ini menjadi bukti bahwa kita berharap sepakbola yang ada di Kabupaten Bengkayang lebih baik lagi dan hal-hal yang negatif dapat dihindari.  
"Pertandingan menggunakan sistem setengah kompetisi untuk babak penyisihan awal, dan putaran kedua sistem gugur murni. Pertandingan di buka pada hari senin tanggal 14 mei mendatang di lapangan sepakbola BRC jalan Basuki Rachmad Kelurahan Bumi Emas Kecamatan Bengkayang," terangnya.
Dua kecamatan yang tidak ikut serta dalam turnamen Sepakbola Bupati Bengkayang Cup ke empat ialah kecamatan Jagoi babang dan Ledo.
"Masing-masing club wajib menyertakan pemain U 19 minimal tiga orang. Hal ini dimaksud untuk seleksi pemain mewakili Kabupaten Bengkayang saat Porda 2014 mendatang," bebernya.
Sebanyak 44 club yang daftar dan dibagi menjadi 11 group, dan masing-masing group di ambil peringkat satu dan runer up. Dalam satu group terdiri dari empat club. Dalam sehari main dua kali dimana pada pukul 14.00 dan 15,45. dalam satu pertandingan 2 x 40 menit, istirahat 10 menit. Pemain pegantian setiap kali pertandingan lima orang.
"Apabila suporter yang mendukung salah satu team yang sedang bertanding membuat keonaran atau keributan sehingga mengganggu jalannya pertandingan akan dikeai sanksi kepada club yang didukung tersebut dinyatakan kalah dan di denda sebesar dua juta rupiah dan digugurkan. Sedangkan team yang terlambat datang lebih dari 15 menit akan dikenai hukuman kalah dan di denda sebesar satu juta rupiah.
Apabila protes diajukan oleh manager team paling lambat 15 menit usai pertandingan dan tertulis serta membayar uang sidang sebesar satu juta rupiah. Apabila protes yang diajukan terbukti, uang protes akan dikembalikan tetapi tidak terbukti uang protes tersebut hangus.
Pertandingan perdana ialah Persado FC dari Sanggau Ledo Versus Lavado FC dari Kecamatan Bengkayang.
Ketua Harian PSSI Kabupaten Bengkayang menambahkan, Bupati Cup telah di selenggarakan sebanyak empat kali yakni pada tahun 2006, 2008, 2011 dan 2012 serta dilakukan dua tahun sekali.
“Sebenarnya Bupati Cup ke III dilaksanakan pada 2010 , tetapi berhubung ada Pemilukada Bengkayang, di undurkan pada 2011,” jelasnya.
Pada 2006, yang berhasil menjadi kampium dari club PMJ Bengkayang, 2008 dari Persado Kecamatan Sanggau Ledo, dan 2011 team Nam Ciew Teriak.(cah)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar