Jumat, 30 Maret 2012

Bengkayang Siap 80 persen Tuan Rumah Pertasi Kencana Tingkat Provinsi

Rombongan Koperasi Sepakat Bersama Bengkayang menunggu motor kelotok di Kubu Kabupaten Kubu Raya menuju Kabupaten Kayong Utara mewakili koperasi dari Bumi Sebalo dalam Pertasi Kencana 2011 lalu

 
Magdalena: Beberapa waktu lalu saat kami kesana, pernah kami tawarkan dan pejabat petanian di sana meresponnya Serawak Malaysia Mau Ikut Pameran Pertasi Kencana di Kabupaten Bengkayang


Bengkayang. Kegiatan Pertasi Kencana Kalbar sudah didepan mata. Pihak panitia mengaku telah 80persen siap menyukseskan kegiatan tersebut. Rencananya dari Kucing Serawak Malaysia ingin mengikuti pameran saat kegiatan ini berlangsung. Namun semuanya tergantung kepada Gubernur Kalbar yang berhak mengundang mereka. Beberapa waktu lalu saat kami kesana, pernah kami tawarkan dan pejabat petanian di sana meresponnya
Ir Magdalena MM, Ketua Panitia Pertasi Kencana Kalbar mengatakan, dalam rangka menyukseskan kegiatan Pertasi Kecana di BUmi Sebalo, pihaknya telah beberapa kali melakukan rapat koordinasi dengan seluruh instansi terkait.
“Masing-masing SKPD yang ada di Kabupaten Bengkayang menangani satu kabupaten. Baik itu peserta Pertasi Kecana, Hari Menanam Pohon, Hari Lingkungan Hidup, dan Jambore Penyuluh tingkat Kalbar,” terang Kepala Badan Pelaksana Penyuluh dan Ketahanan Pangan Kabupaten Bengkayang ditemui diruang kerjanya, Rabu (28/3).
Magdalena menjelaskan, setiap SKP yang ada di Bumi Sebalo menyiapkan dua rumah untuk kontigen dari kabupaten lain yang ada di Kalbar. Persiapan telah matang hingga saat ini. Baik itu untuk inap, konsumsi, pameran dan acara puncaknya.
Ia membeberkan, Badan Pengelola Perbatasan bertanggungjawab penuh terhadap kontigen dari Kabupaten Landak. Badan Penanggulangan Bencana Daerah akan mengurusi kontigen dari Kabupaten Sanggau Kapuas. Untuk HUmas dan Protokol Setda Kabupaten Bengkayang mengurusi informasi kepada para peserta.
Untuk Jambore Penyuluh se Kalbar akan diikuti sebanyak 1400-1600 orang penyuluh yang ada di west Borneo (sebutan lain Kalbar, Red). Rencananya para peserta jambore penyuluh akan berkemah di sekitar lingkungan kantor baik itu di Badan Pelaksana Penyuluh dan Ketahanan Pangan, Dinas Kehutanan dan Perkebunan, Dinas Pertanian dan Kantor Lingkungan Hidup Kabupaten Bengkayang.
“Kegiatan jambore Penyuluh berupa pentas seni, gelar teknologi, temu wacara bersama GUbernur Kalbar dan siraman rohani. Ini bersaman dengan hari pertasi kencana yakni 7-10 Mei mendatang. 5 Mei mendatang direncanakan untuk pembukaan pameran tingkat Kabupaten Bengkayang,”  jelasnya.
Pada 7 Mei 2012, seiring dengan masuknya kontigen dari kabupaten lain, pembukaan Jambore Penyuluh, Pertasi Kencana,  Hari Menanam Pohon, Hari Lingkungan Hidup dan HUT TP PKK. Pameran. Pada 9 Mei, akan diadakan lomba 3B plus A se Kalbar, yakni Beragam, Bergizi, Berimbang dan Aman. Kabupaten Bengkayang sendiri untuk mencari juara masak 3B plus A akan ditentukan pada 28 Maret mendatang.
Ia melanjutkan, Kecamatan Tujuh Belas juara umum lomba masak 3B plus A tingkat kabupaten yang diselenggarakan berkat kerjasama antara Badan Pelaksana Penyuluh dan Ketahanan Pangan Kabupaten Bengkayang dan TP PKK Bumi Sebalo. Dan berhak mengikuti tingkat Kalbar mendatang mewakili kabupaten kita.
10 Mei mendatang akan dilakukan jalan santai bersama Gubernur Kalbar, penanaman pohon, acara puncak pertasi kencana, peninjauan stand pameran, expo pertanian, makan siang dan temu wicara penyuluh dengan Cornelis.
“Kita berharap Gubernur Kalbar ada di Bnegkayang 9-10 Mei mendatang. Kepada masing-maisng SKPD yang ada di Kabupaten Bengkayang, anggaran secepat mungkin dicairkan untuk menyukseskan kegiatan ini. Kegiatan berpusat di Kantor Satu Atap BUpati Bengkayang. Hingga saat ini persiapan baru 80 persen,” ungkap Magdalena.
Magdalena berharap seluruh SKPD dan masyarakat Bumi Sebalo mendukung kegiatan ini suapay penyelenggaraannya sukses dan demi nama baik Kabupaten Bengkayang. Mari kita jadi tuan rumah yang baik. Bagi pengusaha atau pedagang jangan menaikkan harga barang dengan adanya kegiatan ini. Berilah pelayanan yang baik dan prima. Mulai sejak dini kita mulai menata kota supaya tidak kumuh.
“Rencananya dari Kucing Serawak Malaysia ingin mengikuti pameran saat kegiatan ini berlangsung. Namun semuanya tergantung kepada Gubernur Kalbar yang berhak mengundang mereka. Beberapa waktu lalu saat kami kesana, pernah kami tawarkan dan pejabat petanian di sana meresponnya,” tanda Magdalena. (cah)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar