Minggu, 18 Maret 2012

Polres Bengkayang Amankan Sembilan Ton BBM


Bengkayang.Penggrebekan lokasi penimbunan BBM baik jenis solar ataupun bensin di kota Bengkayang bukan hanya atensi dari Kapolda Kalbar tetapi juga atensi dari Kapolri untuk mengantisipasi penimbunan menjelang kenaikan BBM yang direncanakan 1 April mendatang. Sebanyak sembilan ton selama dua hari berturut-turut diamankan BBM oleh pihak Polres Bengkayang.
“Ada spekulan-spekulan yang memanfaatkan situasi sehingga terjadinya kelangkaan BBM di masyarakat. Contohkan malam ini kita temukan puluhan drum yang berisikan drum di beberapa tempat,” terang . AKBP Veris Septiansyah, Kapolres Bengkayang kepada Equator, Jumat malam (16/3).
Veris melanjutkan, penggerebekan atau razia penimbunan BBM di kota Bengkayang akan dilakukan sampai tanggal pastinya kenaikan BBM di lakukan oleh pemerintah pusat. Kurang lebih 30 personil Polres Bengkayang dikerahkan untuk melihat titik-titik penimbunan BBM dan mengamankan drum, jerigen yang berisikan solar dan bensin.
Saat awak koran ini menanyakan, kenapa penimbunan BBM hanya dilakukan di kota kabupaten saja, tidak ke kecamatan-kecamatan. “berkaitan dengan kecamatan-kecamatan yang ada di Kabupaten Bengkayang, ada beberapa wilayah yang tidak ada SPBUnya. Itu yang menjadi masalah kita,” ungkap Veris, kemarin.
Masyarakat di kecamatan untuk mencari BBM pasti ke SPBU, sedangkan jarak tempuh dengan SPBU jauh sehingga membutuhkan jerigen untuk membeli bensin dan solar.  Warga yang membeli BBM dengan jerigen itu yang kita awasi.
“Warga yang membeli BBM dengan jerigen benar-benar dipergunakan untuk kebutuhan masyarakat, kita tidak akan melakukan penindakan. Kita juga meminta kontrol dari pihak-pihak aparat pemerintah daerah. Kepala desa dan kecamatan juga harus turut mengawasi bagaimana mekanisme  distribusi BBM kepada masyarakat,” harapnya.
Veris menjelaskan, kita belum menentapkan tersangka saat penggrebekan dilakukan  pada malam hari karena baru kita temukan  BBM jenis solar dan bensin yang ditimbun.  Nanti hasil dari pengembangan penyelidikan akan dilihat mengarah kepada siapa tersangkanya.  Apabila telah ditemukan tersangka, akan dikenai UU tentang migas.
AKP Lintar Suhardhono, Kasat Reskrim menambahkan, hari ini (kemarin, Red) juga dilakukan penggerebekan di dua titik yakni di Jalan Bambang Ismoyo dan Jalan Basuki Rachmad.
“Jumat malam berhasil diamankan enam ton BBM dan hari ini tiga ton lebih. Sembilan ton BBM tersebut diambil dari delapan penimbun yang ada di kota Bengkayang,” beber Lintar.
Dari pantauan awak koran ini dilapangan, Polres Bengkayang melakukan penggrebekan tempat penimbunan BBM jenis solar dan bensin di tiga titik pada Jumat malam, yakni di Jalan Bambang Ismoyo, Jalan Perwira dan Jalan Sanggau Ledo. (
cah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar