Minggu, 11 Maret 2012

Sekda Kalbar Hadiri Musrenbang RKPD Kabupaten Bengkayang

Zeet: Perencanaan yang kita susun tidak terlepas dari kondisi eksisting permasalahan pembangunan yang dihadapi.

Bengkayang. Musrenbang RKPD Kabupaten Bengkayang 2013 digelar di Aula satu atap Kantor Bupati Bnegkayang. Sekda kalbar dating mewakili Gubernur Kalbar yang berhalangan hadir di Bumi Sebalo. Musrenbang sebagai aktivitas kongkret pengabdian dalam melaksanakan koordinasi antar instansi pemerintah, masyarakat dan partisipasi seluruh pelaku pembangunan sehingga dapat memformulasikan prioritas pembangunan.
Gubernur Kalimantan Barat, Cornelis melalui Sekretaris Pemprov  Kalbar, M. Zeet Handy Assovie, MTM mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada BUpati Bnegkayang atas terselenggaranya acara Musrenbang RKPD yang merupakan bagian penting dari proses perencanaan satu tahun ke depan yang telah dimulai dari tingkat kelurahan, kecamatan dan forum SKPD.
“Perencanaan yang kita susun tidak terlepas dari kondisi eksisting permasalahan pembangunan yang dihadapi. Kita harus mencermati data yang ada sehingga dapat memaknai kondisi di balik angka-angka indicator yang ada,” ingat Zeet ditemui di Aula Kantor Bupati Bengkayang, , Kamis (8/3).
Bupati Bengkayang, Suryadman Gidot mengatakan, komitmen Pemda Bengkayang sejak 2011 lalu bertekad untuk memperbaiki keadaan seperti mengakomodir hasil musrenbang tingkat SKPD dan DPRD serta mempertimbangkan kesinergian perencanaan antara Pemda, Pemprov dan pusat.
“Musrenbang kali ini bukan sekedar penyampaian daftar kebutuhan dan keinginan semata atau sekedar formalitas tetapi dijadikan ajang musyawarah untuk menentukan prioritas paling dasar atas kegiatan pembangunan di Bumi Sebalo bedasarkan usulan tiap-tiap kecamatan dan desa,” tegas Gidot, kemarin.
Wakil Bupati Bnegkayang periode 2005-2010 ini menjelaskan, musrenbang ini berfungsi sebagai forum musyawarah antar seluruh pelaku pembangunan untuk menghasilkan kesepakatan mengenai rancangan rencana kerja Pemda (RKPD) tahun anggaran 2013 dan untuk mencapai tujuan pembangunan nasional dan daerah.
Gidot mengakui, hasil musrenbang tidak sepenuhnya dapat terakomodir dalam pelaksanaan pembangunan. Ia meminta seluruh elemen masyarakat memaklumi, bahwa dalam perumusan perencanaan pembangunan ada azaz penentuan skala prioritas yang dilakukan mengingat kemampuan keuangan dan jangka waktu pelaksanaan yang terbatas serta memperhatikan perundang-undangan yang berlaku.
“tema Musrenbang Kabupaten Bengkayang ialah Rrakyat didahulukan pembangunan diutamakan. Memang terkesan sederhana tetapi menyiratkan makna yang cukup dalam. Pembangunan 2013 Kabupaten Bengkayang berbasis pada kepentingan rakyat sebagai akar rumput dan mengutamakan pembangunan sebagai pilar utama untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” tegasnya. (cah)


1 komentar:

  1. Semoga kabupaten kita ini di tahun 2013 ini akan lebih maju dan berkembang

    BalasHapus