Rabu, 14 Maret 2012

Berkat Media Cetak, Peminat PPK dan PPS Pilgub Membludak

 Bengkayang. Ir Martinus Khiu, anggota KPU Bengkayang mengatakan, 29 Februari sampai 6 Maret lalu penerimaan pendaftaran di masing-masing kecamatan untuk PPK dan PPS telah dilakukan. Sedangkan 7-10 Maret  penjemputan berkas pendaftaran dimasing-masing kecamatan, pemeriksaan administrasi calon PPK dan PPS, penyampaian dan pengumuman hasil penelitian administrasi.
“12-15 Maret akan dilakukan seleksi wawancara kepada calon PPK dan PPS. 17-18 Maret mendatang akan diumumkan hasil penetapan anggota PPK dan PPS ke 17 kecamatan,” terang Khiu kepada Equator ditemui diruang kerjanya, Jumat (9/3).
Khiu yang juga Ketua Kelompok Kerja Pembentukan PPK dan PPS Pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar 2012 menerangkan, penjemputan berkas calon PPK dan PPS di setiap kecamatan di bagi-bagi. Untuk Kecamatan Bengkayang, Lumar, Sungai Betung dan Teriak di jemput olehnya.
Tarmizi menjemput berkas di Kecamatan Sungai Raya, Sungai Raya Kepulauan, Capkala, Monterado dan Samalantan. Bartolomeus Barto menjembut berkas di Kecamatan Siding, Jagoi Babang, Seluas, Sanggau Ledo, Tujuh Belas, dan Ledo. Kecamatan SUti Semarang dijemput oleh Abang Mahyudin, Turman menjemput berkas di Kecamatan Lembah Bawang.
Sedangkan untuk seleksi wawancara akan dilakukan bersamaan untuk calon PPK dan PPS dikantor camat. Bartolomeus Barto dan Turman bertugas di Kecamatan Siding, Jagoi Babang, dan Seluas. Bengkayang, Sungai Betung, Monterado dan Samalantan oleh Martinus Khiu dan Andreas Duhun.
Kecamatan Sungai Raya, Sungai Raya Kepulauan, Capkala dan Lembah Bawang oleh Eddy A, dan Usyanto. Kecamatan Suti Semarang, Ledo, Sanggau Ledo, dan Tujuh Belas dibebani kepada Tarmizi dan Abel. Evi Flavia dan A M Mahyudin bertugas di Kecamatan Ledo dan Teriak.
Saat awak Koran ini menanyakankenapa banyak sekali peminat calon PPK dan PPS di Kabupaten Bengkayang yang mendaftarkan diri.
“Ini tidak terlepas dari peranan media massa baik cetak maupun elektronik salah satu media yang menyampaikan pembukaan pendaftaran PPK dan PPS sehingga membludaknya peminat untuk menyukseskan Pilgub 2012 mendatang,” ungkapnya.
Ketua KPU Bengkayang, Eddy A menambahkan, Kecamatan Sungai Raya  Kepulauan merupakan satu-satunya masyarakat yang sedikit minatnya untuk menjadi bagian dari penyelenggara Pilgub 2012. Warga yang mendaftarkan diri menjadi calon PPK dan PPS kuotanya pas-pasa saja. Sedangkan di kecamatan lain harus bersaing untuk lolos pada tes wawancara yangs edang berlangsung.
“Kecamatan Lumar yang mendaftarkan diri menjadi calon PPK sebanyak 11 orang dan PPS berjumlah 19 orang. empat orang gugur administrasi untuk PPK dan PPS dikarenakan belum cukup umur,” terang Eddy ditemui di kantor Camat Lumar, kemarin.
Desa di Kecamatan Lumar sebanyak lima desa yakni Belimbing, Lamolda, Tiga Berkat, Magmagan Karya dan Seren Selimbau.  DEsa Belimbimbing memiliki enam tempat pemungutan suara, Lamolda tiga TPS, Tiga Berkat lima TPS, Seren Selimbau empat TPS dan Magmagan Karya dua TPS.
Perlu diketahui, daftar pemilih tetap Kecamatan Lumar pada Pemilihan kepala daerah da wakil kepala daerah Kabupaten Bengkayang 2010 lalu berjumlah 3932 orang. (cah)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar