Kamis, 30 Agustus 2012

Tauke Singkawang Bantu Buat Jembatan Lembah Bawang


salah satu kondisi jembatan
Beranda Kalbar-Lembah Bawang. Sudah puluhan tahun NKRI merdeka tetapi masyarakat Kecamatan Lembah Bwang masih merasakan minimnya dari kemerdekaan RI.
Salah staunya jalan darat, hingga saat ini kondisi jalan menuju Kecamatan Lembah Bawang sangat sulit dan belum ada asapl. Ditambah lagi kondisijembatan menuju daerah tersebut yang banyak roboh termakan usia.
Jack, warga Kecamatan Lembah Bawang mengatakan, akses jalan darat terutama jembatan menuju kediamannya banyak yang roboh.
“Masyarakat Kecamatan Lembah Bawang membangun jembatan dengan cara swadaya, bahkan minta bantu dengan tauke karet asal Singkawang untuk membeli bahan yang dibutuhkan untuk bangun jembatan sementara,” beber Jack, baru-baru ini.
Rudi Hartono, warga Kecamatan Lumar mengungkapkan, kemarin Selasa (28/8) dirinya baru pulang dari Kecamatan Lembah Bawang. Ia sangat terkejut dengan kondisi jalan yang ada disana.
“Banyak jembatan yang putus, dan warga secara sukarela membangun jembatan tersebut apa adanya demi kelancaran menjual hasil pertanian ke Bengkayang atau Singkawang,” kata Rudi-sapaan akrabnya kepada awak media ini ditemui di Jalan Tabrani Bengkayang, kemarin.
Dirinya tidak menyalahkan Pemda Bengkayang dalam hal ini dikarenakan yang memutuskan anggaran ialah pihak eksekutif bersama legislatif.
Rudi mengakui sangat lelah sekali melalui medan jalan yang begitu berat menuju kesana.
Yopi Cahyono, salah satu aktivis pemuda peduli Kabupaten Bengkayang menyarankan, masyarakat Kecamatan Lembah Bawang meminta bantuan kepada pihak perusahaan yang ada di daerah tersebut.
“Dana CSR kan ada, tentunya para kepala desa yang ada meminta surat rekomendasi kepada Camat Lembah Bawang untuk meminta bantuan pembangunan jembatan kepada perusahaan perkebunan kelapa sawit atau pertambangan yang ada disitu,” sarannya.
Alumnus Fakultas Kehutanan Universitas Tanjungpura ini yakin, pihak perusahaan akan membantu apabila tujuannya ialah untuk kepentingan masyarakat Kecamatan Lembah Bawang.
Apalagi jembatan tersebut adalah satu-satunya jalur yang dibutuhkan oleh warga untuk menjual hasil pertanian dan akses keluar daerah. (yopi)



4 komentar:

  1. Enggak segi2nya kalee....ma' yu' tah kom...

    BalasHapus
  2. Ai sih, ma' yo kai' maseh bisa naru....ikoh maseh lamus dari pade jaman du' man....

    BalasHapus
  3. Ha....ha.......gitu aja kok repot...

    BalasHapus
  4. dari idu nan pe gala kai ita ita.ohe nganie'

    BalasHapus