Selasa, 14 Agustus 2012

Panwaslukab Pinta Warga Pro Aktif Awasi Pelanggaran Pilgub

Martono
Bengkayang Beranda Kalbar-Bengkayang. Tidak terasa tahapan demi tahapan pemilu gubernur dan wakil gubernur Kalbar 2012 telah berjalan separuh. Pihak Panwaslukab Bengkayang meminta pro aktif masyarakat Bumi Sebalo untuk mengawasi setiap pelanggaran yang dilakukan oleh tim kampanye paslon.
Martono, Anggota Panwaslukab Bengkayang mengatakan, hingga saat ini pihaknya masih belum menerima atau menemukan pelanggaran setiap tahapan Pilgub Kalbar khususnya di daerah pemilihan tiga Bengkayang.
“Kita masih menunggu panwaslucam untuk melaporkan temuan atau laporan pelanggaran masing-masing paslon peserta Pilgub Kalbar,” terang Martono kepada awak media ini ditemui di Sekretariat Panwaslukab Bengkayang Jalan Sanggau Ledo, Senin (13/8).
Martono yang juga sebagai Direktur Akademi Manajemen Bumi Sebalo ini menjelaskan, tipe pelanggaran ada tiga jenis yakni pelanggaran administrasi, pelanggaran pidana dan kode etik.
Ia meminta kepada masyarakat Kabupaten Bengkayang untuk berperan aktif melaporkan kepada panwaslu baik itu di tingkat desa, kecamatan bahkan kabupaten. Apabila ditemukan adanya pelanggaran administrasi, pidana maupun kode etik.
“Kami siap 24 jam menerima laporan dari masyarakat mengenai pelanggaran pilgub Kalbar,” tegasnya.
Martono melanjutkan, bagi warga yang ingin melaporkan adanya pelanggaran pilgub, silakan datang langsung ke masing-maisng secretariat panwaslu kecamatan, desa bahkan ke kabupaten juga diterima.
Asalkan saat melaporkan hal tersebut, pihak pelapor harus membawa tanda pengenal diri seperti pemilu sebelumnya. Bukan hanya itu saja, para pelapor harus mengisi formulir laporan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. (yopi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar