Kamis, 30 Agustus 2012

Gidot Panen Raya Padi Infari 10 di Kecamatan Lumar




Panen raya
Bengkayang Beranda Kalbar-Lumar. Bupati Bengkayang bersama rombongan di undang oleh Camat Lumar untuk melakukan panen raya padi jenis Infari 10 di Blok C Dusun Sebol Kecamatan Lumar. Lokasi tersebut milik gabungan kelompok tani Krueng Aceh.
Pada 3 Mei 2012 lalu padi jenis Infari 10 ini di semai dan ditanam pada 30 Mei 2012. Selang beberapa bulan kemudian tepatnya 28 Agustus 2012 padi tersebut dipanen. Varietas ini berjarak 25 centimeter kali 20 centimeter. Dengan sistem satu lubang stau biji padi infari 10.
Suryadman Gidot
Suryadman Gidot, Bupati Bengkayang mengatakan, pertanian tradisional dulunya berladang dan bersawah tetapi saat ini lahan semakin sempit sehingga perlu petani semakin pandai menghasilkan padi.
“Instansi terkait dapat memberikan penyuluhan kepada petani akan pentingnya teknologi pertanian, para camat tolong manfaatkan penyuluh yang ada di kecamatan,” pinta Gidot ditemui di Blok C Dusun Sebol Kecamatan Lumar, Selasa (28/8).
Ketua DPD Partai Demokrat Kalbar ini melanjutkan, ia sangat setujudengan kuota raskin dibatasi di Bumi Sebalo. Walaupun banyak warga Kabupaten Bengkayang yang memproteskan kebijakan tersebut.
Lasem
Suami dari Femi Oktaviani Gidot ini berkeinginan untuk menghilangkan kuota raskin (Beras Miskin, Red) di Kabupaten Bengkayang. Ia beralasan bahwa di Bumi Sebalo lahan untuk membuat ladang atau sawah masih banyak untuk saat ini.
“Saya sangat bersyukur raskin dikurangi, karena sudah waktunya subsidi untuk rakyat dikurangi. Apabila kita mengharapkan raskin dan subsidi dari pemerintah, kapan kita mau ekspor beras,” ungkapnya.
Gidot berharap, para kelompok tani yang ada di Kabupaten Bengkayang memiliki keinginan mau tau cara pengembangan petanian.
Ia meminta petani yang ada datangi kantor camat mencari informasi di internet mengenai teknologi tentang pertanian terutama bercocok tanam padi di sawah. Walaupun sudah di dapat dari para penyuluh pertanian di kecamatan atau desa.
Wakil Bupati Bengkayang periode 2005-2010 ini tidak ingin hanya status saja petani bagi warganya, tetapi lahan pertanian tidak ada untuk diolah.
Magdalena, Kepala Badan Pelaksana Penyuluh dan Ketahan Pangan Kabupaten Bengkayang berharap, jangan sampai petani mengeluh lagi jika tidak ada pupuk karena pupuk sudah tersedia hanya pandai-pandai kita mengelolanya.
"Mari kita dukung program yang dicanangkan oleh pemerintah pusat bahwa tahun 2013 kita surplus beras 10 000 Ton,” ajak Magdalena Mantan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bengkayang ini, kemarin.
Ia memiliki keinginan Kabupaten Bengkayang berpartisipasi menyumbang surplus beras. Magdalena membeberkan, saat ini per hektar petani di Bumi Sebalo hanya mendapatkan 3-4 ton per hektar padi sawah.
“Mudah-mudahan ke depan dengan teknologi yang semakin bagus dan baik dapat tercapai 5 ton per hektar padi sawah,”tandasnya. (yopi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar