Jumat, 10 Agustus 2012

Rakor Kominda Kabupaten Bengkayang Antisipasi Terorisme

Bengkayang Beranda Kalbar-Bengkayang. Guna meningkatkan peran Kominda (Koordinasi Komunitas Intelijen Daerah) dalam rangka menciptakan situasi yang kondusif, aman terkendali untuk mendukung pelaksanaan penyelenggaraan Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkayang  diselenggarakan Rakor Kominda.
Bupati Bengkayang, Suryadman Gidot mengatakan,  mengapresiasikan penyelenggaraan rakor ini sebagai proses penting dan strategis untuk mewujudkan sinergi seluruh unsur Kominda dalam menciptakan Kabupaten Bengkayang yang kondusif, aman terkendali untuk mendukung pelaksanaan penyelenggaraan Pemerintahan Daerah.
Komunitas Intelijen Daerah merupakan Forum komunikasi dan koordinasi unsur intelijen dan unsur pimpinan daerah di Provinsi dan Kabupaten/Kota.
Peraturan Menteri Dalam Negeri (PERMENDAGRI) Nomor 16 Tahun 2011 tentang Perubahan atas Peraturan Mendagri Nomor 11 Tahun 2006 tentang Komunitas Intelijen Daerah.
Untuk itu Pemerintah Kabupaten Bengkayang menindak lanjuti dengan Peraturan Bupati Bengkayang Nomor 46 Tahun 2011 tanggal 8 Agustus 2011 tentang Komunitas Intelijen Daerah Kabupaten Bengkayang.
Tugas Kominda yaitu merencanakan, mencari, mengumpulkan, mengkoordinasikan dan mengkomunikasikan informasi atau bahan keterangan intelijen dari berbagai sumber mengenai potensi.
Gejala atau peristiwa yang menjadi ancaman stabilitas Nasional di daerah dan memberikan rekomendasi sebagai bahan pertimbangan bagi unsur pimpinan daerah Provinsi, Kabupaten/Kota mengenai kebijakan yang berkaitan dengan deteksi dini.
“Peringatan dini dan pencegahan dini terhadap ancaman stabilitas Nasional di daerah. Sehingga dengan cepat pula merespon dan mengambil langkah dengan cepat, tepat dan proporsional sesuai kewenangan masing-masing dalam rangka membina dan memelihara ketentraman dan ketertiban masyarakat terhadap kemungkinan timbulnya ancaman di daerah,” harap Gidot ditemui di Hotel Lala Golden, baru-baru ini.
Kerjasama yang baik dan kompak dari seluruh Komunitas Intel di daerah. Sehingga berbagai pelanggaran tersebut dapat ditekan dan dapat ditangani secara maksimal.
 Ia meminta agar pertemuan dan koordinasi di jajaran Kominda selalu ditingkatkan dalam rangka meningkatkan peran Kominda guna mendukung penyelenggaraan Pemerintahan dan pembangunan di Kalimantan Barat pada umumnya dan di wilayah Kabupaten Bengkayang pada khususnya.
“Terutama dalam mendeteksi dan mengantisipasi isu-isu yang berkembang saat ini, misalnya konflik yang yang menyangkut masalah sosial, ekonomi, politik dan terorisme" kata orang nomor  satu di Bumi Sebalo ini.
Ketua Panitia Penyelenggara Alon,SH,MH menyampaikan tujuan diselenggarakan kegiatan, yaitu untuk membangun kesamaan visi, misi, persepsi, sikap serta gerak langkah seluruh unsur intelijen dan unsur pimpinan di daerah dalam rangka mensinergiskan program kegiatan masing-masing unsur intelijen di daerah yang tergabung dalam Kominda.
“Kegiatan ini juga dimaksud untuk memperoleh masukan-masukan (input) dan umpan balik (feed back) sebagai bahan masukan,” terang  Alon yang juga Kepala Kesbangpol Kabupaten Bengkayang, kemarin.
Dengan menimplementasi Permendagri Nomor 16 Tahun 2011  tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 11 Tahun 2006 tentang Komunitas Intelijen Daerah serta meningkatkan kegiatan kewaspadaan dini, cegah dini, sebagai bahan laporan kepada pimpinan secara cepat, tepat dan akurat.
  Dari pantauan awak koran ini dilapangan, tepat pukul 09.00 wib, rapat dibuka secara resmi dan dipimpin langsung oleh Bupati Bengkayang, Suryadman Gidot,S.Pd. Hadir pada acara diantaranya Wakil Bupati Bengkayang, DANDIM 1202 Singkawang, Kapolres Bengkayang, Perwakilan Kajari Bengkayang, BIN Wilayah Kab.Bengkayang, Dan Lanus Singkayang, beberapa unsur terkait serta para Kepala SKPD di Lingkungan Pemerintah Kab.Bengkayang. (panus)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar