Kamis, 12 Juli 2012

Aset Eks Pemda Sambas, Bengkayang Jangan Jadi Tumbal


Bengkayang Beranda Kalbar-Bengkayang. Kabupaten Bengkayang telah 13 tahun berdiri dan memisahkan dari Kabupaten Sambas. Namun hingga kini aset eks Pemda Sambas belum diserahkan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Pemda Bengkayang jangan jadi tumbal masalah aset eks Pemda Sambas.
Herman Planet
Herman Planet, Ketua Panitia Khusus Aset Daerah DPRD Bengkayang mengatakan, sampai saat ini Kabupaten Bengkayang masih dirugikan mengenai aset eks Pemda Sambas baik yang berada di Kabupaten Bengkayang maupun di Singkawang.
“Hingga saat ini mengenai aset eks Pemda Sambas masih belum selesai,” beber Herman ditemui diruang kerjanya,belum lama ini.
Herman yang juga anggota Komisi B DPRD Bengkayang melanjutkan, Pemda Sambas sejak saat ini masih banyak belum menyerahkan aset yang berada di Kabupaten Bengkayang.
Baik yang berupa bergerak maupun tidak bergerak. Banyak dijumpai aset eks Pemda Sambas yang berada di Kabupaten Bengkayang sehingga dalam embuat laporannya kepada BPK RI sulit di pertanggungjawabkan.
Perlu diketahui, Pemda Bengkayang mendapat tekanan dari BPK RI untuk menyelesaikan aset eks Pemda Sambas yang ada di wilayah Pemda Bengkayang untuk diserahkan kepada Pemkot Singkawang.
“Kita jangan jadi tumbal, aset bangunan dan tanah yang ada di Pemkot Singkawang jangan dulu Pemda Bengkayang menyerahkannya. Dikarenakan Pemda Sambas  belum menyerahkannya kepada Pemda Bengkayang sesuai dengan aturan perundang-undangan yang berlaku,” tegas Herman.
Ia mengakui, aset eks Pemda Sambas yang berada di Kabupaten Bengkayang susah dilacak. Hal ini dikarenakan banyak yang di DUM. Tetapi untuk aset yang tidak bergerak seperti bangunan dan tanah, harus dikejar dan diselesaikan.
Setidaknya, ada 162 aset milik Pemda Bengkayang yang masih digunakan oleh Pemkot Singkawang dalam menjalankan roda pemerintahannya.
Menurutnya hal ini disebabkan karena hingga sekarang belum dilakukan kesepakatan mengenai proses serah terima aset antara kedua daerah yang sama-sama pernah menjadi bagian dari wilayah Kabupaten Sambas itu.
“Makanya dalam waktu dekat ini, kita (Pansus) akan melakukan inventarisir terhadap aset-aset milik Bengkayang yang berada di wilayah Pemkot Singkawang,” tandasnya.(cah)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar