Kamis, 12 Juli 2012

Pemda Bengkayang Bangun SMA Negeri di Sungkung


Bengkayang Beranda Kalbar-Siding. Penantian panjang hingga menunggu 66 tahun mendirikan SMA negeri di sungkung akhirnya tercapai. Setelah generasi muda harus menjadi pembantu dan tinggal dirumah orang lain untuk melanjutkan pendiidkan di tingkat SMA di luar Kecamatan Siding, kini saatnya anak-anak Sungkung dan sekitarnya tidak perlu jauh-jauh menimba ilmu.
Perbatasan Indonesia-Malaysia

Egarius, anggota DPRD Bengkayang mengatakan, tahun ini warga desa sungkung berbangga hati hal ini dikarenakan akan dibangun SMA di Sungkung yang merupakan satu-satunya SMA Negeri 1 di Kecamatan Siding.
"Sudah layaknya Kecamatan Siding terutama di sungkung mendirikan SMA negeri dikarenakan saat ini sudah dua SMP Negeri di Kecamatan Siding," ungkap legislator asal Sungkung ini ditemui di ruang kerjanya, belum lama ini.
Egarius melanjutkan, ia saat ini fokus meningkatkan pendidikan dan kesehatan untuk di kecamatan siding. Hal ini wajar dikarenakan selama ini generasi muda di kecamatan siding banyak yang tidak melanjutkan pendiidkan hingga tamatan SMA.
Selama ini generasi muda harus jauh dari orang tua dan tinggal di rumah orang lain jadi pembantu untuk meneruskan pendiidkan ke bangku SMA. Dengan akan dibangunnya gedung SMA di Sungkung, otomatis SDM di Kecamatan Siding akan meningkat.
Patok Batas RI-Malaysia
Saat ditanya kenapa membangun gedung SMA disungkung bukan di sebujit atau di tamong. "Kantor polseksiding di bangun di Desa Siding, sedangkan Kantor Camat berada di Desa Hli Buei Dusun Sebujit, jadi SMA Negeri 1 siding dibangun di Sungkung," terangnya.
Apabila SMA Nengeri 1 Siding di bangun di Siding atau Sebujit yang notabene dapat dilalui dengan kendaraan roda dua dari Jagoi dan Seluas, generasi muda di Sungkung tetap terisolir.(cah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar