Kamis, 12 Juli 2012

76 Calon Panwaslucam Akan Test Wawancara


Martono

Bengkayang Beranda Kalbar-Bengkayang. Tahapan pilgub saat ini telah memasuki tahapan pemutakhiran data pemilih. Namun panwaslucam di kabupaten baru akan di test dan direkrut. Semua tahapan Pilgub Kalbar tidak dapat di awasi oleh panwas dikarenakan lambannya merekrut panwas kabupaten, kecamatan dan pengawas pemilu lapangan. Sebanyak 76 peserta calon panwascam akan dilakukan test wawancara dengan metode jemput bola dan zona.
Martono, Devisi Sumber Daya Manusia dan Umum Panwaslu Kabupaten Bengkayang mengatakan, saat ini pihaknya lagi konsentrasi dalam perekrutan panwaslu kecamatan untuk pilgub kalbar. Batas akhir 15 Juli ini harus sudah selesai direkrut panwaslucam.
"Sebanyak 76 orang yang mendaftarkan diri menjadi panwaslucam dari 17 kecamatan yang ada di Kabupaten Bengkayang," beber Martono ditemui di Sekretariat Panwaslu Kabupaten Bengkayang Jalan Sanggau Ledo, Jumat (6/7).
Martono yang juga Direktur Akademi Bumi Sebalo ini melanjutkan, Kecamatan Bengkayang yang paling banyak peminatnya menjadi panwaslucam, yakni sebanyak 11 orang pendaftar, sedangkan kecamatan lain banyak yang hanya tiga orang. Ia meneruskan, semua peserta lolos administrasi, dan akan dilanjutkan dengan test wawancara langsung oleh ketiga Panwaslu Kabupaten Bengkayang beserta staf.
Pihaknya sengaja membagi zona dalam test wawancara dalam perekrutan panwaslucam. Hal ini guna mempermudah para peserta calon panwaslucam yang jauh jarak tempuhnya ke ibu kota kabupaten. Apabila 76 peserta calon panwaslucam datang test wawancara di sekretariat Panwaslu Kabupaten Bengkayang, biaya atau pengeluaran untuk peserta akan membengkak. Jadi pihak Panwaslu Kabupaten Bengkayang melakukan jemput bola.
"Anggaran untuk Panwaslu Kabupaten Bengkayang belum turun, sementara waktu kami meronggoh saku sendiri untuk menalangi kegiatan ini demi lancarkan Pilgub. Sekretaris saja kami masih belum punya," aku Martono.
Senin 9  juli mendatang, tepatnya pukul  08.00-12.00 wib tes akan dilaksanakan di aula Kecamatan Sanggau Ledo, dimana para calon panwaslucam 17, Sanggau Ledo dan Ledo yang akan di uji kemampuannya.  Pukul 13.00- 17.00 akan dilanjutkan wawancara calon panwaslucam di aula Kecamatan Seluas dimana pesertanya dari Kecamatan Jagoi Babang, Siding, dan Seluas.
Pada Selasa akan dilanjutkan dengan melakukan test wawancara di Sekretariat Panwaslu Kabupaten  Bengkayang sejak pukul 8.00-12.00 untuk calon Panwaslucam  Bengkayang, dan Lumar. Pukul 13.00-17.00 ditempat yang sama gantian untuk peserta calon Panwaslucam Kecamatan  Teriak, Sungai Betung dan Suti Semarang melakukan test wawancara.
Pada Rabu pagi dengan jam yang sama, test wawancara untuk calon peserta panwaslucam dititikkan di aula kantor Kecamatan Samalantan dengan peserta dari Kecamatan Monterado, Samalantan, dan Lembah Bawang. siangnya tepat pukul 14.00-17.30, Panwaslu Kabupaten Bengkayang melanjutkan untuk melakukan test wawancara yang dipusatkan di aula kantor Kecamatan Sungai Raya Kepulauan dengan peserta dari Kecamatan Sungai Raya, Capkala, dan Sungai Raya Kepulauan.
Dari 76  peserta calon panwaslucam  yang mendaftarkan diri  dari 17 kecamatan yang ada di Kabupaten Bengkayang, hanya 51 orang yang akan menjadi panwaslucam, dikarenakan masing-masing kecamatan di ambil tiga orang saja.  Martono mengaku, jangka waktu kerja panwaslucam sampai bulan desember, itu apabila hanya  satu putaran, tetapi jika dua putaran sampai bulan februari 2013.
Perekrutan ini berdasarkan UU NO 22/2007 tentang Penyelenggaraan Pemilu. bagi peserta yang  aktif di parpol gugur secara administrasi  sesuai UU NO 22/2007. (cah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar