Kamis, 12 Juli 2012

Polres Bengkayang Berusaha Lebih Dekat Dengan Masyarakat


Veris Septiansyah

Bengkayang Beranda Kalbar-Bengkayang. Sudah 66 tahun Indonesia merdeka, sama halnya dengan Bahayangkara yang baru berulang tahun beberapa waktu lalu. pihak kepolisian ingin lebih dekat dengan masyarakat melalui komunitas yang ada di Kabupaten Bengkayang.
Kapolres Bengkayang, AKBP Veris Septiansyah mengatakan, sesuai dengan atensi Kapolri bahwa polisi harus bermitra dengan masyarakat untuk menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas, Red). Untuk dekat dengan masyarakat secara luas
membutuhkan waktu yang lama dan agak sulit, oleh karena itu, untuk lebih mudah masuk ditengah masyarakat ialah melalui komunitas atau club.
"Salah satunya, kita bekerjasama dengan komunitas pecinta burung di Kabupaten Bengkayang. Kita masuk kemasyarakat dan bermitra dengan warga. Apabila masyarakat secara luas dan keseluruhan, Ini kita tidak tau hobi apa, jadi kita kecilkan jadi komunitas," terang orang nomor satu di Mapolres Bengkayang, belum lama ini.
Ia melanjutkan, dengan masuknya polisi ke Komunitas, otomatis memiliki hobi yang sama dan kegemaran yang sama. Sehingga mudah untuk masuk di tengah masyarakat minimal mendapatkan informasi dari komunitas tersebut.
Veris mengaku, tidak dapat dipungkiri sebagian tugas kepolisian ialah kemasyarakatan. Banyak bantuan warga yang didapat untuk membantu tugas polisi. Apabila jauh dengan masyarakat, tugas polisi tidak akan maksimal.
"Harapan yang ingin kita capai, jadi salah satu mitra kepolisian menjaga kamtibmas, dan membentuk suatu sikap dan disiplin," tegasnya.
Ia mencontohkan, menonton di luar arena dan fair play, implementasi di lingkungan masyarakat kabupaten bengkayang terbiasa menjaga keamanan di lingkungannya.
Makanya dalam pertandingan kontes burung berkicau, dibagi tigas kelas yakni kelas pelindung, pengayom dan pelayan. Para peserta dan penonton akan lebih tau tugas kepolisian.
"Kita ingin merubah image yang selama ini melekat di masyarakat kabupaten bengkayang dimana  polisi sebagai sosok yang di takuti masyarakat menjadi dekat dan sosok yang tidak ditakuti," aku veris.
Veris mengungkapkan, pihaknya bukan hanya dengan komunitas ini saja untuk lebih dekat dengan masyarakat kabupaten bengkayang. Tetapi komunitas olahraga bulutangkis, futsal, sepeda, juga di dekati. (cah)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar