Selasa, 03 Juli 2012

Disbudparpora Giatkan Promosi Wisata Bengkayang


BENGKAYANG BERANDA KALBAR-SIDING. Kabupaten Bengkayang terdiri atas pesisir, lembah, bukit dan gunung. Dengan sumber daya alam yang melimpah, tentunya banyak potensi wisata yang dapat dijadikan tempat pariwisata potensial untuk dikomersialkan dan meningkatkan taraf hidup masyarakat setempat. Oleh karena itu, demi tercapainya visi dan misi Kabupaten Bengkayang 2010-2015, Disbudparpora Kabupaten Bengkayang giat melakukan promosi wisata supaya investor dan wisatawan baik lokal maupun manca negera datang ke Bumi Sebalo.
para tamu undangan datang ke Sebujit dalam rangka gawai Nyobeng 2012
Dra Anastasia Maria Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda Dan Olahraga Kabupaten Bengkayang melalui Mustaqim, Kepala Bidang Pariwisata  mengatakan, pekerjaan rumah dirinya sangat banyak untuk mewujudkan bumi sebalo sebagai salah satu kabupaten sentral pariwisata di kalbar. 
Turis asal kanada datang ke Gawai Nyobeng Sebujit
"Masih banyak lokasi untuk dijadikan tempat pariwisata," ungkap Mustaqim ditemui diruang kerjanya, Rabu (20/6).
Ia meneruskan dari 17 kecamatan yang ada di Kabupaten Bengkayang masing-masing memiliki potensi wisata untuk dikembangkan. Mustaqim mencontohkan, untuk pantai banyak lokasi wisata yang masih belum dikelola. Sama halnya dengan riam, kebudayaan masyarakat Bumi Sebalo yang belum tersentuh oleh media massa sehingga masyarakat luas tidak mengetahuinya.
ibu-ibu Dayak Bidayuh lempar telur
Frans Wijaya, Kasi Promosi Bidang Pariwisata Disbudparpora Kabupaten Bengkayang menambahkan, aset wisata yang dimiliki kabupaten ini sangat melimpah, hanya mengelola unuk dijadikan kelas internasional yang masih membutuhkan waktu dan terobosan.
"Kami gencar-gencarnya melakukan terobosan promosi baik melalui media massa maupun elektronik bahkan melalui duni maya (jaringan sosial facebook, blog, wordpress, twitter)," beber Frans, kemarin.
Ritual Adat dayak Bidayuh Sebujit menyambut tamu
Ia menceritakan, beberapa waktu lalu pihaknya mengirimi foto-foto riam berawant yang ada di kecamatan seluas ke salah satu media elektronik swasta top di Jakarta. Selang beberapa hari, redaksi televisi swasta pun datang ke bengkayang untuk shoting panorama riam berawant.
Tidak hanya sampai disitu, Disbudparpora Kabupaten Bengkayang akan mengorbitkan seni dan budaya masyarakat bumi sebalo yang dapat dijadikan ikon wisata seperti Gawai Nyobeng di Sebujit dengan rumah Balugknya, Riam Merasap Gua Maria di Sanggau Ledo wisata religius. (cah)    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar