Jumat, 21 Oktober 2011

Bengkayang Kirim 54 Jamaah Haji


Bengkayang. Sebanyak 54 orang Jamaah Haji dilepas Bupati Bengkayang pada Rabu, 19 Oktober 2011. Acara pelepasan berlangsung tepat  pukul 10.00 di aula III lantai V Kantor Bupati Satu Atap Bengkayang dan dihadiri oleh rombongan pengantar dari panitia pelaksana dan sanak keluarga.
Bupati Bengkayang, Suryadman Gidot SPd mengatakan, calon jamaah haji  ini merupakan orang-orang pilihan dari ribuan umat Muslim untuk menjadi tamu-Nya melaksanakan ibadah haji di kota suci Mekah Saudi Arabia.
Oleh karena itu patutlah disyukuri dengan menggunakan sebaik-baiknya kesempatan tersebut untuk mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Karena  masih banyak saudara-saudara kita kaum Muslimin yang ingin melaksanakan ibadah Haji, namun karena sesuatu hal belum dapat melaksanakannya.
“Calon jamaah haji yang akan memulai perjalanan rohaniah agar selalu menjaga kesehatan, ikuti semua petunjuk dan tata tertib pelaksanaan ibadah haji dan yang paling penting agar selalu menjaga kekompakan dan kebersamaan. Jaga nama baik Kabupaten Bengkayang Propinsi Kal-Bar khususnya dan nama baik Indonesia pada umumnya,” harap Gidot ditemui di Kantor Satu Atap, belum lama ini.
Gidot melanjutkan, tunjukan kepada jamaah haji lainnya dari seluruh penjuru dunia, bahwa Indonesia adalah Negara yang cinta akan kedamaian. Terlebih Kabupaten Bengkayang dengan semboyan 5 S-nya, (senyum, salam, sopan, santun, dan sapa, red). Dan semoga calon jamaah haji Kab.Bengkayang menjadi Haji yang mabrur dengan pengalaman rohaniah selama perjalanan dengan selalu menjunjung simbol persatuan umat. 
Ketua Panitia Penyelenggara, Drs Idris M Saleh, TPHD (Tim Petugas Haji Daerah) yang diberangkatkan pada Tahun 2011 ini, pembiayaan pemberangkatan sejumlah 5 orang dan telah disetor ke Kementerian Agama.
“Namun karena pendaftaran haji telah berdasarkan sistem Siskohat (Sistem Komputerisasi Haji Terpadu) yang online diseluruh Indonesia, maka yang dapat diberangkatkan adalah sebanyak 2 orang,” terangnya.
Kedua orang tersebut ialah Riza Fahdeli, SH (Kajari Kabupaten Bengkayang) dan Kasim Muhamad Nur (Tokoh Masyarakat). Sedangkan 3 orang lainnya masih entri untuk musim tahun berikutnya.
 Sebagai persiapan keberangkatan, sebelumya telah terlaksana manasik Haji Tingkat Kab. Bengkayang yang telah dilaksanakan selama 3 hari, dari Tanggal 29 September-1 Oktober 2011 di Masjid Agung Syuhada Bengkayang.
“Ttotal calon jamaah haji yang berangkat tahun ini berjumlah 54 orang. Dengan rincian 49 orang quota dengan tambahan lansia 3 orang dan tambahan untuk pisah keluarga 2 orang. Calon jamaah haji pria sebanyak 27 orang dan wanita 27 orang,” bebernya.
Kesemua calon jamaah haji tergabung dalam kloter 20 gelombang II flight No. SV 5523 Maktab Misfalah. Dengan jadwal  keberangkatan dari Bengkayang ke Pontianak, 19 Oktober 2011. Dari Pontianak ke Batam, 20 Oktober 2011 dan dari Batam menuju Arab Saudi Tanggal 21 Oktober 2011 pada pukul 10.00.
Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan ini mengungkapkan, tim juga akan melaksanakan penjemputan kedatangan jamaah haji dari Arab Saudi ke Batam yang diperkirakan pada tanggal 1 Desember 2011 dan terakhir dilaksanakan penjemputan secara resmi di Sungai Duru, Kecamatan Sungai Raya.
Dari pantauan awak koran ini dilapangan, pelepasan Jamaah Haji ditandai dengan penyerahan bendera Merah Putih yang diserahkan secara langsung oleh Gidot kepada peserta dan pemasangan slayer kepada calon jemaah haji tertua dan termuda.
Perlu diketahui, Calon Jemaah haji tertua Tahun 2011 ini adalah Bapak Lasio Sawi Kromo umur 88 Tahun dari Kecamatan Bengkayang dan yang termuda Fahrul Haji Umur 39 Tahun dari Kecamatan Sungai Raya.
 Rombongan menggunakan 3 unit Bis Umum dan diikuti rombongan Panitia. Tampak suasana haru menyelimuti para anggota keluarga melepas keberangkatan para calon jamaah haji ini. Semoga menjadi Haji yang mabrur. (cah)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar