Sabtu, 29 Oktober 2011

Partai Demokrat Survei Calon Gubernur


Gidot: Milton Bukan Kader Partai Demokrat

Bengkayang. Suryadman Gidot, Ketua Umum DPD Partai Demokrat Kalbar periode 2011-2016 mengatakan, kecewa dengan Milton Crosby yang mengklaim Partai Demokrat mengusung Bupati Sintang ini dalam pemilihan umum Gubernur Kalbar 2012 mendatang.
“Saya sangat menyayangkan kepada Milton yang mengaku masuk Partai Demokrat tetapi Bupati Sintang tersebut masih menjadi PNS aktif. Aturan kan telah jelas,  ini Milton mengaku baru mengurus pensiun. Dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku, PNS tidak boleh menjadi anggota parpol,” tegas Bupati Bengkayang ini ditemui di Sekretariat DPC Partai Demokrat ini, Rabu malam (26/10).
Wakil Bupati Bengkayang periode 2005-2010 ini menjelaskan, dirinya tidak mau disalahkan seperti yang terjadi sebelumnya dimana oleh teman-teman yang ada di Bumi Sebalo. Dimana banyak PNS yang memilih masuk parpol dan pensiun dini menjadi PNS.
“Milton belum sah menjadi anggota Partai Demokrat. Apabila Bupati Sintang tersebut mundur menjadi PNS baru sah. Keabsahan sebagai anggota partai bagi Milton masih dipertanyakan. Karena dirinya masih PNS. Saya pinta Milton ikuti azas hukum yang berlaku dinegeri ini,” pinta Gidot, kemarin.
Mantan Ketua Umum DPC Partai Demokrat Kabupaten Bengkayang ini menyebutkan, terkait siapa yang akan maju dalam pilgub mendatang, baik itu cagub maupun cawagub harus melalui prosedur yang berlaku.
PD tetap akan membuka pendaftaran bagi siapa saja baik itu kader, simpatisan maupun dari luar partai yang berlambang mercy ini. Gidot akan membentuk tim disemua DPC kabupaten/kota untuk melihat sejauh mana peluang Partai Demokrat dalam pilgub mendatang. Salah satunya melalui survey atau SLI yang direkomendasikan oleh DPD dan DPP Partai Demokrat.
“Kita tidak mau konyol dan bertarung lalu kalah. Ini yang tidak saya inginkan. Sampai hari ini, yang pasti maju dalam perhelatan Pilgub, ya yang punya partai. Seperti Cornelis dan Morkes,” ungkap Gidot, kemarin.
Ia menerangkan, PDI Perjuangan dan Partai Golongan Karya  utuh di fraksi-fraksi yang ada di DPRD Kalbar, sedangkan yang lain tidak. Partai Demokrat sendiri lagi melakukan penjaringan apakah maju menjadi cagub atau cawagub.
Gidot mengakui, kader-kader PD yang potenmsial untuk Pilgub 2012 ialah Pariyadi dan  Cristiandy Sanjaya. Sedangkan Milton berperluang apabila dirinya keluar dari PNS dan masuk menjadi kader Partai Demokrat. Namun perlu dioingat, target kita bukan menjadi gubernur, yang terpenting Kalbar dapat dinikmati orang banyak. Dari pada kita memaksakan diri, lebih baik memberi dukungan.
“Menurut organisasi, saya dimungkinkan dapat maju, apalagi yang mau maju kan pada sudah tua. Siapa tau orang-orang perbatasan dapat menjadi Gubernur Kalbar,” seloroh Gidot kepada Wartawan saat konferensi pers, kemarin.
Mengenai isu bahwa dirinya ingin maju dalam perhelatan Pilgub 2012 mendatang. Boleh-boleh saja tetapi ia berpemikiran, ada dua hal dirinya disuruh maju dalam bursa pilgub. Yang pertama suruh dirinya  mati dan yang kedua suruh Gidot betul-betul maju.
Setiap DPC Partai Demokrat kabupaten/kota merekam masyarakat Kalbar. PD wajib menghitung-hitung peluang-peluang dan apakah memungkinkan atau tidak dapat memenangi Pilgub. Jangan jadi cagub yang dikarenakan ambisi dan menghamburkan uang tetapi tidak terpilih.
Mengenai koalisi, Gidot memaparkan sah-sah saja apabila ada parpol yang mau bergabung dengan Partai Demokrat. Namun yang terpenting, kita harus mempertimbangkan apakah koalisi tersebut dapat menguntungkan PD atau tidak. Cristiandy Sanjaya merupakan kader PD, apakah Cornelis mau dengan Cristiandy atau tidak. Ini yang perlu kita pikirkan juga.
“Apabila bagus dan memiliki peluang, serta kita tidak salah, 100 persen akan kita dukung. Saya akan emberikan pertimbangan kepada DPP PD. Dan yang akan memutuskan memakai perahu PD dalam Pilgub ialah SBY,” akunya.
 Sementara itu, Cornelis, Ketua Umum DPD PDI Perjuangan Kalbar saat melanucing Jalan Lumar-Bengkayang beberapa waktu lalu di Lapangan Doyot Desa Magmagan Karya Kecamatan Lumar kabupaten Bengkayang mengisyaratkan bahwa dirinya akan maju dalam bursa Pilgub 2012 mendatang.
“Saya dan Cristiandy Sanjaya akan berpasangan kembali dalam Pemilihan Umum Gubernur,” tegas Mantan Bupati Landak ini. (cah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar