Jumat, 07 Oktober 2011

Kecamatan Siding Beranda Terdepan NKRI Yang Terisolir


Bengkayang. Kecamatan Siding merupakan salah satu kecamatan yang ada di Kabupaten Bengkayang bahkan di Indonesia yang berbatasan langsung dengan Malaysia. Namun hsampai saat ini kecamatan tersebut masih memegang predikat terisolir karena akses jalan darat untuk masuk ke daerah tersebut masih sulit bahkan belum ada badan jalannya.
Tulen, Camat Siding mengatakan, mengenai kecamatan yang ia pimpin apabila ditanyai mengenai keterisoliran daerah tersebut di Kabupaten Bengkayang dan sebagai beranda terdepan NKRI, ia tidak dapat berbicara.
“Biarkan mengalir seperti air seperti yang memisahkan antar desa di Kecamatan Siding. Jangankan jalan, listrik dan sinyal teleokomunikasi saja saja tidak ada. Banyaknya ketertinggalan yang ada sehingga saya berbuat sesuai dengan kemampuan dan apa yang dapat dilakukan,” keluh Tulen ditemui di Kantor BUpati Bengkayang, Selasa (4/10).
Tulen menjelaskan, dengan dana yang tidak seberapa untuk Membangun jalan dari Kecamatan Siding menuju kecamatan lainnya di Kabupaten Bengkayang membutuhkan waktu yang lama dapat terealsiasikannya Siding tidak lagi mengecap daerah terisolir.
Ia mengakui, jarak antara desa yang satu dengan yang lainnya hingga saat ini masyarakat masih menggunakan jalan kaki. Samahalnya apabila mau keluar ke Kecamatan Seluas atau Kabupaten Sanggau Kapuas. Warganya harus menggunakan jalur sungai, itupun dapat dilakukan apabila air banjir, apabila musim kemarau harus berjalan berpuluh-puluh kilometer melalui jalan tikus.
Dengan adanya program PNPM saat ini telah membantu masyarakat Kecamatan Siding, walaupun hanya sebatas jalan rabat beton pada masing-masing kampung yang dibangun serta jembatan kayu. Namun itu tidaklah berarti apabila akses jalan dari kampung menuju kampong yang lainnya atau dari kampung ke desa dan ke kecamatan lain belum dibangun. 
Untuk kegiatan-kegiatan di tingkat kabupaten, Kecamatan Siding sebatas ikut serta saja alias partisipasi. Untuk hal berprestasi masih belum dapat dicapai, karena banyak kendala-kendala yang tidak dapat diselesaikan di pundak seorang camat tetapi butuh bnatuan dari seluruh isntansi pemerintahan yang ada di Kabupaten Bengkayang.
Dengan kecamatan terisolir yang disandang oleh Siding, membuat bengkaknya biaya yang harus dikeluarkan apabila mau keluar dari kecamatan ini. Ia tidak tau sampai kapan predikat kecamatan terisolir dapat dilepas dari daerah ini. (cah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar