Sabtu, 29 Oktober 2011

Kalbar Harus Dimekarkan Menjadi Empat Propinsi


bengkayang. Luasnya wilayah administrasi Kalbar, dan masih banyaknya daerah terisolir serta masih ada masyarakat yang merasa masih belum mengecap nikmatnya kemerdekaan RI. Sehingga dibutuhkan pemekaran wilayah terutama kalbar menjadi empat provinsi.
Suryadman Gidot, Ketua Umum Dpd Partai Demokrat Kalbar terpilih mengatakan, visi ia kedepan, menginginkan Kalbar ini dimekarkan menjadi empat propinsi. Namun sebelum itu kita realisasikan, kabupaten lain harus dimekarkan terlebih dahulu.
"Kabupaten Kapuas Hulu, Sintang, Ketapang, Sambas, dan Kubu Raya harus dimekarkan terlebih dahulu baru kita ajukan Kalbar dimekarkan menjadi empat provinsi,"saran mantan Ketua Umum Dpc Partai Demokrat Kabupaten Bengkayangini ditemui di ruang kerjanya, belum lama ini.
Gidot yang pernah menjabat sebagai Wakil Bupati Bengkayang periode 2005-2010 ini menjelaskan, Provinsi Kapuas Raya terdiri dari pemekaran Kabupaten Kapuas Hulu, Sintang dan Sanggau Kapuas. Pemekaran Kabupaten Ketapang, dan Kayong Utara dengan nama apakah, kemudian Pemekaran Sambas dengan menjadikan Pemangkat menjadi pemerintahan kota, Bengkayang, Singkawang dan Landak membuat provinsi baru. Sedangkan Kalbar hanya terdiri dari Kabupaten Kubu Raya, Pontianak, dan Pemkot Pontianak.
"kita harus dorong pemekaran untuk kedepannya demi kesejahteraan masyarakat kalbar,  yang selama ini dikarenakan luasnya wilayah administrasi pemprov. Sehingga pembangunan infrastruktur baik sarana maupun prasarana daerah tertinggal setelah dimekarkan tidak ada lagi daerah terisolir," tegas bupati bengkayang ini.
Gidot menyebutkan, pemekaran kabupaten atau provinsi akan dibuka kembali pada 2016 mendatang. Oleh karena itu, sejak dini kita harus mempersiapkannya karena waktu masih lama. Pemekaran ini juga dimaksud dalam rangka mempercepat pembangunan provinsi yang berada di daerah perbatasan dan pulau-pulau terluar.
Gidot sangat berterima kasih dengan Gubernur Kalbar, Cornelis yang gencar membangun provinsi ini. Selama Cornelis menjabat, ia telah menciptakan kalbar kondusif, investor banyak yang masuk, dua PPLB Aruk dan Lubuk Antu dibuka, dan pembangunan Jalan Trans Kalimantan berhasil di bangun.
"Cornelis merupakan putra terbaik Kalbar saat ini," katanya. (cah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar