Sabtu, 25 Februari 2012

Gidot Pinta Masyarakat Wujudkan Bengkayang Hijau dan Lestari


Bengkayang. Apel Hari Peduli Sampah yang mengambil tema mari budayakan tertib membuang sampah dan lakukan pemilhan sampah sekarang juga mulai dari sumbernya. masyarakat serta para mitra lingkungan baik itu lembaga swadaya masyarakat  maupun media massa untuk mewujudkan kota Bengkayang yang tetap hijau dan lestari berkaitan dengan Program Adipura.
Suryadman Gidot, SPd, Bupati Bengkayang mengatakan, apel ini bukanlah hanya upacara biasa tetapi juga dalam rangka membangun komitmen bersama seluruh stake holder Pemda Bengkayang, swasta dan masyarakat serta para mitra lingkungan baik itu lembaga swadaya masyarakat  maupun media massa untuk mewujudkan kota Bengkayang yang tetap hijau dan lestari berkaitan dengan Program Adipura.
“Melalui momen peringatan Hari Peduli Sampah Nasional 2012 ini mudah-mudahan permasalahan pengelolaan sampah ini dapat kita atasi bersama sehingga dapat menjadikan sampah sesuatu yang bermanfaat dan bernilai ekonomi,” harap Gidot ditemui di Halaman Gedung Pancasila, Kamis (23/2).
Heru Pujiono, SKM, MKM, Kepala Kantor LIngkungan Hidup Kabupaten Bengkayang menerangkan, Sesuai amanah UU No. 18/2008, pada2013 mendatang kesiapan Kabupaten Bengkayang untuk menutup TPA open dumping di Magmagan Kecamatan Lumar menjadi TPA yang ramah lingkungan. Sebanyak delapan unit gerobak dorong dan empat unit kendaraan roda tiga pengangkut sampah dari DAK LH 2011 untuk Dinas Pekerjaan Umum.
 Tujuan diselenggarakan kegiatanini ialah dalam rangka sosialisai dan social marketingtentang pengelolaan sampah yang ramah lingkungan melalui brain washing yang terpadu, terintegrasi dan berkesinambungan.
 “Tiga unit gerobak dorong dan satu unit kendaraan roda tiga pengangkut sampah diberikan kepada kecamatan Sungai Raya. Untuk DAK LH 2012 mendatang akan diserahkan kepada Kecamatan Sanggau Ledo dan Samalantan. Kita sesuaikan dengan perkembangan pasarnya,” tegas Heru, kemarin.
Heru melanjutkan, salah satu penyuplai sampah ialah pasar. Makanya kita melihat perkembangan pasar disetiap kecamatan. 2010 lalu piohaknya telah menyerahkan bantuan kendaraan pengangkut sampah kepada Kecamatan Seluas dan Ledo.
Tempat pembuangan akhir rencananya akan dibagi menjadi enam zona, sesuai dengan satuan wilayah unit pembanguna dan memiliki satu TPA. Zona SWP satu meliputi Kecamatan Sungai Raya, Sungai Raya Kepulauan dan Capkala. SWP dua di MOnterado, Samalantan dan Lembah Bawang.
SWP tiga di Bengkayang, Lumar, Teriak dan Sungai Betung. SWP empat di Ledo dan Suiti Semarang. SWP lima di Sanggau Ledo, Seluas dan Tujuh Belas. Sedangkan SWP enam di Siding dan Jagoi Babang.
Dari pantauan awak Koran ini dilapangan, usai upacara, Bupati Bengkayang, DPRD, Kapolresw dan Dan Lanud Singkawang II mengoperasikan kendaraan roda tiga pengangkut sampah di Halaman Gedung Pancasila. Gidot menyerahkan secara simbolis Kendaraan rod atiga dan gerobak dorong kepada Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Bengkayang dan Camat Sungai Raya. (cah)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar