Sabtu, 25 Februari 2012

PATROLI 72 Orang Tewas di Jalan Provinsi Selama 2011

Simanjuntak: Korban laka lantas yang meninggal dunia di dominasi oleh pelajar
siswi SMA rela mengorbankan nyawanya demi tepat waktu datang ke sekolah

Bengkayang. Selama 2011, Polres Bengkayang telah menangani sebanyak 181 kasus laka lantas. Dalam kurun waktu selama satu tahun tersebut, 72 orang tewas di Kalan Provinsi Kalbar dan didominasi oleh pelajar Bumi Sebalo.
"Sebanyak 72 orang yang meninggal dunia dan di dominasi umur 15-25 tahun. Luka ringan sebanyak 171 orang dan luka berat sebanyak 107 orang," rinci Kapolres Bengkayang AKBP Veris Septiansyah melalui Kasat Lantas AKP Reja A Simanjuntak kepada Equator diruang kerjanya, Jumat (24/2).
Ia menjelaskan, terjadinya kecelakaan lalu lintas dikarenakan faktor kesalahan manusianya. Kata Simanjuntak, mayoritas tidak memiliki surat ijin mengemudi. Dan didominasi antara motor dengan motor, motor dengan mobil dan mobil dengan pejalan kaki.
"Korban laka lantas yang meninggal dunia di dominasi oleh pelajar. Ini sangat disayangkan sekali generasi Kabupaten Bengkayang mati di jalan raya," ungkapnya.
Simanjuntak menghimbau kepada orang tua yang ada di Kabupaten Bengkayang supaya tidak memberikan kendaraan roda dua kepada anaknya yang belum cukup umur dan memiliki SIM. Rata-rata korban yang meninggal dunia tidak menggunakan helm standar.
Ada empat kecamatan yang paling banyak terjadi laka lantas selama 2011, yakni Sungai Raya Kepuluan, Samalantan, Sanggau Ledo, dan Ledo.  Selama ini kita telah berusaha memberikan penyuluhan di sekolah kepada pelajar Bumi Sebalo dan orang tua mengenai lalu lintas serta memasang spanduk dan baleho di fasilitas umum.
Dibandingkan dengan 2012 sampai saat ini, data yang telah diperoleh dari laka lantas, telah terjadi 20 kasus dan sebanyak lima orang yang meninggal dunia dengan kisaran umur 20-35 tahun. 2012 laka lantas menurun dibandingkan 2011.
Untuk Januari 2011 saja sebanyak lima orang yang mati dan Januari 2012 hanya satu orang. Februari 2011 sebanyak delapan orang yang meninggal dunia sedangkan Februari 2012 hanya empat orang yang mati. Kelima orang yang mati selama 2012 terjadi di jalan Samalantan, Sungai Raya, dan Sungai Raya Kepulauan.
 kekurangan armada, penumpang rela naik atap mobil


Sementara itu, untuk tilang sendiri selama 2011, pihak Polres Bengkayang telah melayangkan surat kurang lebih 2500 lembar. Perlu diketahui, jarak antara kecamatan di jalan propinsi di Kabupaten Bengkayang ialah Kecamatan Jagaoi Babang-Seluas berjarak 19 kilometer. Seluas-Sanggau Ledo berjarak 31 kilometer, Sanggau Ledo-Ledo 20 kilometer. Ledo-Lumar 23 kilometer, Lumar-Bengkayang 18 kilometer, Bengkayang-Simpang Tiga/Teriak 16 kilometer, Bengkayang-Sungai Betung 15 kilometer, Sungai Betung- Samalantan berjarak 26 kilometer, Samalantan-Batas Kotif Singkawang 15 kilometer, Batas Kotif Singkawang-Sungai Raya Kepulauan 30 kilometer, Sungai Raya Kepulauan-Sungai Raya 19 kilometer. (cah)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar